Loading...

Sindir Presiden Jokowi, Kartunis Jepang Onan Hiroshi Meminta Maaf

JAKARTA (TAJUKTIMUR.COM) – Jagat maya dihebohkan dengan karikatur karya kartunis Jepang, Onan Hiroshi, yang dinilai menyindir Presiden Joko Widodo.

Dalam karikaturnya, Jokowi digambarkan ‘mengemis’ ke Perdana Menteri Jepang Shinzo terkait proyek kereta cepat di Indonesia.

Onan Hiroshi memberikan judul komiknya tersebut dengan nama ‘Kereta Cepat Pengemis’.

Karikatur tersebut diunggah Onan ke akun jejaring sosial Twitter yang diduga miliknya, @hiroshionan, pada 23 Februari 2018.

Pantauan tajuktimur.com, gambar karikatur yang menyindir presiden Joko Widodo tersebut membuat geram masyarakat Indonesia. Akibatnya, Onan menghapus postingan tersebut dan meminta maaf kepada nitizen.

Ternyata bukan kali ini saja Onan menyindir fenomena yang terjadi di Indonesia melalui karikatur.

Sebelumnya, Onan menyoroti penolakan besar-besaran terhadap perilaku Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender di Indonesia.

Lagi, sorotan tersebut diungkapkan melalui karikatur yang disebar lewat kicauan di akun Twitter @hiroshionan.

Dalam karikaturnya, terlihat foto unjuk rasa remaja yang menolak perilaku LGBT di bilangan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat.

Onan lalu mengaplikasikannya dalam bentuk karikatur dan menyamakan penolakan terhadap LGBT dengan aksi kelompok Ku Klux Klan (KKK) yang merupakan gerakan di Amerika Serikat yang mengagungkan supremasi kulit putih dan menolak kaum kulit hitam.

Tak hanya itu, Onan juga membuat karikatur yang menyindir persekusi terhadap kaum LGBT di Indonesia.

Karikatur Onan tersebut mengacu kepada peristiwa di Aceh ketika polisi mencukur paksa waria yang terjaring dalam razia.

Di karikatur tersebut, Onan membandingkan perlakuan Indonesia dan Thailand kepada kaum waria.

Jika di Thailand, waria malah menjadi obyek foto bagi para polisi. Sementara di Indonesia, waria dipersekusi oleh aparat.

(fr)

Berita Lainnya
Tiga Orang Tewas, Ribuan Rumah Tanpa Listrik Akibat Badai Salju AS Tenggara ATLANTA, TAJUKTIMUR.COM - Sedikit-dikitnya tiga orang tewas dan ribuan rumah kehilangan listrik di C...
135 Orang Cedera dalam Unjuk Rasa Rompi Kuning di Perancis PARIS, TAJUKTIMUR.COM - Dilaporkan, sebanyak 118 orang dan 17 petugas polisi terluka dalam unjuk ras...
Gubernur Palestina Dibebaskan Bersyarat oleh Israel RAMALLAH, TAJUKTIMUR.COM - Pengadilan Israel memerintahkan pembebasan bersyarat bagi Gubernur Pales...
Tokoh Muslim Boikot Pertemuan dengan PM Australia MELBOURNE, TAJUKTIMUR.COM - Perdana Menteri Australia, Scott Morrison telah menuduh sejumlah tokoh-t...
Israel Tangkap 900 Anak Palestina Sepanjang Tahun Ini RAMALLAH, TaJUKTIMUR.COM - Pasukan Israel telah menahan lebih dari 900 anak Palestina sejak awal tah...
Kanal: Internasional