Loading...

Unik, Ribuan Napi di China Boleh Pulang ke Rumah Saat Imlek

BEIJING (TAJUKTIMUR.COM) — Sebanyak 1.300 narapidana dari 300 unit lembaga pemasyarakatan di China akan diizinkan pulang ke rumahnya untuk menghabiskan libur panjang Hari Raya Imlek bersama keluarganya.

Biro Administrasi Pemasyarakatan Kementerian Kehakiman China, Senin, telah mengeluarkan surat edaran kepada para kepala lapas di seluruh pelosok daratan China untuk mengizinkan para narapidana mengunjungi keluarganya selama Hari Raya Imlek.

Di Shanghai sebanyak 10 narapidana dari empat lapas akan diizinkan mengunjungi keluarga di kampung halamannya, demikian pernyataan pejabat pemasyarakatan setempat sebagaimana dikutip laman berita cyol.com.

Pejabat tersebut menyebutkan bahwa para narapidana yang mendapatkan izin tersebut harus memenuhi beberapa syarat, seperti berkelakuan baik selama di penjara, telah menjalani lebih dari separuh masa hukuman, dan tidak membahayakan masyarakat setelah keluar dari penjara.

Mereka juga diharuskan mengenakan gelang elektronik yang berfungsi untuk memantau pergerakan mereka selama di luar kompleks penjara.

Kalau gelang tersebut hilang atau dilepas, maka polisi dapat mengetahuinya dengan cepat. Apalagi para narapidana tersebut diwajibkan melaporkan aktivitas hariannya ke kantor kepolisian terdekat.

Selain di Kota Shanghai, Provinsi Sichuan dan Provinsi Shaanxi juga memberikan persetujuan, masing-masing kepada 260 narapidana dan 100 narapidana untuk mudik Imlek.

Undang-Undang Pemasyarakatan China dan peraturan mengenai keluarga memungkinkan para narapidana atau tahanan meninggalkan penjara untuk bertemu keluarganya dengan beberapa persyaratan.

Namun dengan karena risiko keamanan dan alasan lain, beberapa lapas menghentikan praktik itu selama beberapa tahun terakhir.

(hfd/ttcom)

Berita Lainnya
Awali Tahun 2019 China Lakukan Pendaratan Rover di Bulan BEIJING, TAJUKTIMUR.COM - Banyak dari kita yang ingin mengawali tahun baru dengan sesuatu yang spesi...
Gempa 7,1 SR Guncang Filipina JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Gempa bermagnitudo 7,1 mengguncang kawasan kepulauan di Mindanao, bagian s...
Dunia Turut Berduka untuk Korban Tsunami Selat Sunda TEHERAN, TAJUKTIMUR.COM - Presiden Iran Hassan Rouhani mengirimkan surat belasungkawa kepada pemerin...
Pakar Prediksi Tsunami Susulan Terjang Indonesia PARIS, TAJUKTIMUR.COM - Pakar tsunami, Richard Teeuw dari University of Portsmouth di Inggris, mempe...
Soal Papua, Indonesia akan Lawan Fitnah Media Australia JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kementerian Luar Negeri Indonesia akan mengambil langkah yang diperlukan u...
Kanal: Internasional