Loading...

Unik, Ribuan Napi di China Boleh Pulang ke Rumah Saat Imlek

BEIJING (TAJUKTIMUR.COM) — Sebanyak 1.300 narapidana dari 300 unit lembaga pemasyarakatan di China akan diizinkan pulang ke rumahnya untuk menghabiskan libur panjang Hari Raya Imlek bersama keluarganya.

Biro Administrasi Pemasyarakatan Kementerian Kehakiman China, Senin, telah mengeluarkan surat edaran kepada para kepala lapas di seluruh pelosok daratan China untuk mengizinkan para narapidana mengunjungi keluarganya selama Hari Raya Imlek.

Di Shanghai sebanyak 10 narapidana dari empat lapas akan diizinkan mengunjungi keluarga di kampung halamannya, demikian pernyataan pejabat pemasyarakatan setempat sebagaimana dikutip laman berita cyol.com.

Pejabat tersebut menyebutkan bahwa para narapidana yang mendapatkan izin tersebut harus memenuhi beberapa syarat, seperti berkelakuan baik selama di penjara, telah menjalani lebih dari separuh masa hukuman, dan tidak membahayakan masyarakat setelah keluar dari penjara.

Mereka juga diharuskan mengenakan gelang elektronik yang berfungsi untuk memantau pergerakan mereka selama di luar kompleks penjara.

Kalau gelang tersebut hilang atau dilepas, maka polisi dapat mengetahuinya dengan cepat. Apalagi para narapidana tersebut diwajibkan melaporkan aktivitas hariannya ke kantor kepolisian terdekat.

Selain di Kota Shanghai, Provinsi Sichuan dan Provinsi Shaanxi juga memberikan persetujuan, masing-masing kepada 260 narapidana dan 100 narapidana untuk mudik Imlek.

Undang-Undang Pemasyarakatan China dan peraturan mengenai keluarga memungkinkan para narapidana atau tahanan meninggalkan penjara untuk bertemu keluarganya dengan beberapa persyaratan.

Namun dengan karena risiko keamanan dan alasan lain, beberapa lapas menghentikan praktik itu selama beberapa tahun terakhir.

(hfd/ttcom)

Berita Lainnya
UNICEF: 1,2 juta anak di Yaman hidup di daerah konflik YAMAN, TAJUKTIMUR.COM - Sebanyak 1,2 juta anak tinggal di daerah konflik di Yaman --negara yang digu...
Perempuan Gaza berpawai bagi Pembebasan Perempuan yang dipenjarakan Israel GAZA, TAJUKTIMUR.COM - Sejumlah perempuan Palestina menyelenggarakan pertemuan terbuka di Jalur Gaza...
Ratusan orang di Barcelona protes kunjungan Raja Spanyol BARCELONA, TAJUKTIMUR.COM - Ratusan orang turun ke jalan di Barcelona pada Minggu (24/2) untuk menen...
PBB peringatkan Mesir soal eksekusi hukuman mati JENEWA, TAJUKTIMUR.COM - Badan hak asasi manusia PBB pada Jumat menyatakan keprihatinan tentang ekse...
Sedikitnya 5 orang tewas akibat serangan rezim Assad IDLIB, TAJUKTIMUR.COM - Sedikitnya 5 orang tewas akibat serangan udara rezim Bashar al-Assad yang di...
Kanal: Internasional