Loading...

Komisi X Minta Pemerintah Saring Muatan Gim Daring

JAKARTA (TAJUKTIMUR.COM) — Anggota Komisi X DPR RI Ledia Hanifa Amaliah meminta pemerintah untuk menyaring muatan negatif yang terdapat pada permainan daring yang beredar di dunia maya.

“Menyaring muatan negatif dari video, komik, hingga permainan daring yang bisa mengajarkan anak bersikap dan berperilaku buruk tentu mudah,” kata Ledia melalui pesan tertulis diterima di Jakarta, Kamis (8/2).

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menilai menyaring muatan negatif pada video, komik, hingga permainan daring akan mudah dilakukan karena Kementerian Komunikasi dan Informatika sudah memiliki perangkat penyaring muatan negatif.

Perangkat tersebut dikatakan bisa menyaring muatan yang terkait dengan pornografi, terorisme, dan kejahatan perbankan sehingga bisa juga digunakan untuk menyaring hal serupa pada permainan daring.

Menurut dia, melarang anak memasuki internet saat ini sepertinya bukan pilihan bijak. Orang tua dan tenaga pendidik hanya bisa memberi batasan dan pemahaman pada anak tentang sisi positif dan negatif dari muatan internet.

Menurut wakil rakyat dari daerah pemilihan Kota Bandung dan Cimahi itu, pemerintah tentu memiliki kemampuan untuk bersikap proaktif dengan menyaring muatan negatif untuk melindungi anak-anak.

Ledia menyatakan keprihatinannya terhadap peredaran permainan daring “Pukul Guru” setelah peristiwa seorang guru di Sampang yang meninggal setelah dianiaya muridnya.

Belum usai duka di dunia pendidikan yang dicederai kematian seorang guru akibat dianiaya murid, bangsa Indonesia seperti kecolongan dengan ajakan terang-terangan pada murid untuk makin melecehkan dunia pendidikan.

(hfd/ttcom)

Berita Lainnya
F-PKS Wacanakan Bentuk Angket BPJS Kesehatan JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Fraksi PKS DPR mewacanakan pembentukan Panitia Khusus Hak Angket terkait p...
Otonomi Daerah Harus Memperkuat NKRI SUMEDANG, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Fraksi Partai Golkar di Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Agun ...
Komisi VIII DPR Berharap Penyelenggaraan Haji Lebih Baik JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) , Ali Taher Parasong meneg...
DPR Dorong Pemerintah Libatkan Kontraktor Lokal dalam Proyek APBN SURABAYA, TAJUKTIMUR.COM - Komisi V mendorong pemerintah melibatkan kontraktor lokal dalam mengerjak...
DPR dan Parlemen Inggris Perkuat Kerjasama Di Lima Sektor Prioritas JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Delegasi parlemen yang dipimpin Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon didampingi ol...
Kanal: Kabar Parlemen