Loading...

MPR: Waspadai Upaya adu domba Agama-Negara

JAKARTA (TAJUKTIMUR.COM) – Ketua Badan Sosialisasi MPR Ahmad Basarah meminta masyarakat untuk mewaspadai upaya sejumlah pihak yang melakukan adu domba antaranak bangsa lewat politik memecah-belah dengan sengaja mempertentangkan antara agama dengan negara.

“Ada upaya adu domba dengan mereproduksi politik memecah-belah dengan cara-cara baru, menggunakan fasilitas telepon genggam, media sosial,” kata Basarah dalam acara sosialisasi Empat Pilar MPR dengan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat.

Dia menilai kalau masyarakat tidak sadar adanya upaya reproduksi memecah-belah tersebut maka kemungkinan Indonesia akan dijajah kembali oleh bangsa lain.

Menurut dia, saat ini tidak relevan mempertentangkan antara agama dengan negara sehingga kaum muda harus memetakan dan mengidentifikasi permasalahan dengan jernih agar mampu menghasilkan solusi yaitu kembali kepada politik nasional.

“Kesadaran ini harus dilakukan oleh kaum progresif revolusioner karena tantangan semakin kompleks sehingga pemetaan perlu diidentifikasi dengan jelas. Jawabannya kembali kepada politik nasional dengan ciri gotong royong,” ujarnya.

Basarah mengatakan kehadiran organisasi mahasiswa ekstra kampus dalam sosialisasi Empat Pilar MPR tersebut dari kalangan nasionalis dan agama, mempertegas cita-cita Presiden Pertama RI Soekarno yang menginginkan adanya pertautan antara golongan nasionalis dan agama.

Dia mengatakan Soekarno sebagai seorang nasionalis adalah seorang santri yang menjalankan ajaran agamanya dan itu ditulis dalam buku karya Soekarno berjudul “Sarinah”.

“Tanggung jawab pemuda saat ini adalah membumikan Pancasila sehingga saya harap mereka dapat menyulam dan menjahit merah putih yang sempat tercabik-cabik dengan karakter pandangan trans-nasional,” katanya.

(as)

Berita Lainnya
F-PKS Wacanakan Bentuk Angket BPJS Kesehatan JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Fraksi PKS DPR mewacanakan pembentukan Panitia Khusus Hak Angket terkait p...
Otonomi Daerah Harus Memperkuat NKRI SUMEDANG, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Fraksi Partai Golkar di Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Agun ...
Komisi VIII DPR Berharap Penyelenggaraan Haji Lebih Baik JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) , Ali Taher Parasong meneg...
DPR Dorong Pemerintah Libatkan Kontraktor Lokal dalam Proyek APBN SURABAYA, TAJUKTIMUR.COM - Komisi V mendorong pemerintah melibatkan kontraktor lokal dalam mengerjak...
DPR dan Parlemen Inggris Perkuat Kerjasama Di Lima Sektor Prioritas JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Delegasi parlemen yang dipimpin Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon didampingi ol...
Kanal: Kabar Parlemen