Loading...

MPR: Waspadai Upaya adu domba Agama-Negara

JAKARTA (TAJUKTIMUR.COM) – Ketua Badan Sosialisasi MPR Ahmad Basarah meminta masyarakat untuk mewaspadai upaya sejumlah pihak yang melakukan adu domba antaranak bangsa lewat politik memecah-belah dengan sengaja mempertentangkan antara agama dengan negara.

“Ada upaya adu domba dengan mereproduksi politik memecah-belah dengan cara-cara baru, menggunakan fasilitas telepon genggam, media sosial,” kata Basarah dalam acara sosialisasi Empat Pilar MPR dengan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat.

Dia menilai kalau masyarakat tidak sadar adanya upaya reproduksi memecah-belah tersebut maka kemungkinan Indonesia akan dijajah kembali oleh bangsa lain.

Menurut dia, saat ini tidak relevan mempertentangkan antara agama dengan negara sehingga kaum muda harus memetakan dan mengidentifikasi permasalahan dengan jernih agar mampu menghasilkan solusi yaitu kembali kepada politik nasional.

“Kesadaran ini harus dilakukan oleh kaum progresif revolusioner karena tantangan semakin kompleks sehingga pemetaan perlu diidentifikasi dengan jelas. Jawabannya kembali kepada politik nasional dengan ciri gotong royong,” ujarnya.

Basarah mengatakan kehadiran organisasi mahasiswa ekstra kampus dalam sosialisasi Empat Pilar MPR tersebut dari kalangan nasionalis dan agama, mempertegas cita-cita Presiden Pertama RI Soekarno yang menginginkan adanya pertautan antara golongan nasionalis dan agama.

Dia mengatakan Soekarno sebagai seorang nasionalis adalah seorang santri yang menjalankan ajaran agamanya dan itu ditulis dalam buku karya Soekarno berjudul “Sarinah”.

“Tanggung jawab pemuda saat ini adalah membumikan Pancasila sehingga saya harap mereka dapat menyulam dan menjahit merah putih yang sempat tercabik-cabik dengan karakter pandangan trans-nasional,” katanya.

(as)

Berita Lainnya
Anak TK Pawai Bawa Replika Senjata, Ini Komentar Ketua DPR JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyatakan prihatin pada perlakuan terhadap murid-murid perempuan Taman Kanak-kanak (TK) yang ...
DPR: HUT RI Momen Tepat untuk Refleksikan Cita-cita Proklamasi JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia merupakan momen yang tepat untuk merefleksikan cita-cita p...
DPR: Indonesia Bebaskan Bea Masuk Produk Palestina, Asal… JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) Rofi Munawar memberi catatan khusus atas langkah Pemerintah Indonesia mem...
Sukamta: Israel Bangsa Paradoks JAKARTA -- Knesset, Parlemen Israel, telah mengesahkan undang-undang yang menegaskan bahwa Israel adalah negara untuk ras Yahudi. Menanggapi hal it...
Ketua DPR Minta Hubungan RI- Kepulauan Mikronesia Makin Harmonis JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menilai kunjungan kehormatan Presiden Mikronesia yang memiliki darah keturunan Maluku, Peter M...
Kanal: Kabar Parlemen