Loading...

Sukamta Bersyukur Revisi UU Terorisme Disahkan, Desak Segera Dikeluarkan PP

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM – Anggota Komisi I DPR RI Sukamta bersyukur akhirnya revisi UU Terorisme disahkan oleh DPR RI lewat sidang paripurna. Sukamta menyebut ada banyak kemajuan dalam UU Terorisme yang baru saja disahkan.

“Alhamdulillah, Saya menyambut positif disahkannya RUU tentang perubahan atas UU no 15 tahun 2003 menjadi UU tentang pemberantasan tindak pidana terorisme. Banyak kemajuan dan catatan positif terkait pemberantasan terorisme,” ujarnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (25/5).

Sukamta menegaskan, saat ini yang harus segera dilakukan adalah pemerintah segera membuat Peraturan Pemerintah (PP) sebagai petunjuk teknis pelaksanaan UU Terorisme.

Sekretaris Fraksi PKS ini menyebut, PP penting dan mendesak karena tuntutan situasi terkini di tanah air maupun perubahan lanskap geopolitik dan pergerakan terorisme global.

PP juga bisa mengatur bagaimana teknis terlibatnya TNI dalam penindakan terorisme yang diatur pada pasal 43 (i). Menurut Sukamta, TNI secara nyata memang perlu terlibat ketika kualitas dan kuantitas teror sudah sistematis, bersenjata dan membahayakan negara dan masyarakat.

Namun, tetap perlu pengaturan keterlibatan TNI lewat PP untuk memastikan keterlibatan TNI ini terukur dan terarah, dengan target yang jelas. “Berapa personel, persenjataan, dr kesatuan apa, mobilisasi, komando dan anggarannya harus jelas, tidak dadakan dan agar tidak serampangan,” papar dia.

Sukamta melanjutkan, lewat UU Terorisme yang baru disahkan, Presiden tidak perlu membuat Perpu, karena pengesahan revisi tadi sudah sesuai dengan semangat Presiden untuk memberantas terorisme.

“Yang diperlukan segera sekarang adalah membuat PP tadi sehingga kita harapkan aparat bisa segera siap bekerja dengan baik dan benar,” tegas wakil rakyat dari Daerah Istimewa Yogyakarta ini.

Berita Lainnya
Pimpinan MPR terima delegasi Majelis Rakyat Tiongkok JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Hidayat Nur Wahid mene...
F-PKS Wacanakan Bentuk Angket BPJS Kesehatan JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Fraksi PKS DPR mewacanakan pembentukan Panitia Khusus Hak Angket terkait p...
Otonomi Daerah Harus Memperkuat NKRI SUMEDANG, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Fraksi Partai Golkar di Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Agun ...
Komisi VIII DPR Berharap Penyelenggaraan Haji Lebih Baik JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) , Ali Taher Parasong meneg...
DPR Dorong Pemerintah Libatkan Kontraktor Lokal dalam Proyek APBN SURABAYA, TAJUKTIMUR.COM - Komisi V mendorong pemerintah melibatkan kontraktor lokal dalam mengerjak...
Kanal: Kabar Parlemen