Loading...

615 Jamaah Calon Haji Malut Berangkat ke Embarkasi Makassar

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM – Sebanyak 615 Calon Jamaah Haji (CJH) Maluku Utara (Malut) pada musim haji tahun 2018 diberangkatkan dari Bandara Sultan Babullah Ternate ke-Embarkasi Makassar, Sulawesi Selatan dan selanjutkan diterbangkan ke Tanah Suci.

“Pagi tadi kami sudah berangkatkan penerbangan pertama untuk kelompok terbang (kloter) 8 asal Kabupaten Halmahera Barat dan Kabupaten Halmahera Tengah pukul 07.15 WIT dengan tujuan Embarkasi Makassar menggunakan Maskai penerbangan Lion Air,” kata Kasi Info Haji Malut, Tamhid Abubakar di Ternate, Minggu.

Untuk penerbangan kedua tergabung dalam kloter 8 dari Kabupaten kepulauan Sula dan Kabupaten Halmahera Selatan pada sekitar pukul 08.30 sedangkan penambahan CJH Halmahera Selatan pada penerbangan ketiga digabungkan dalam kloter 9 terdiri tiga daerah itu mereka diberangkatkan pada pukul 12.45 WIT yang berjumlah 445 dan ditambah lima orang petugas sehingga total 450 orang.

Ia mengatakan, untuk penerbangan ketiga dalam lanjutan kloter 9 itu ditambah dengan CJH Halmahera Selatan, yang tergabung dalam penerbangan tiga dengan tiga daerah lainnya yakni Kabupaten Halmahera Utara, Kabupaten Pulau Morotai dan Kabupaten Pulau Taliabu yang ini secara keseluruhan bahwa CJH Malut sudah diberangkatkan ke Embarkasi Makassar yang berjumlah 615.

Selain itu, dari total jumlah CJH Malut tahun ini sebanyak 1.070 orang yang terdiri dari sepuluh kabupaten/kota yanh ada, sedangkan jatah kuota haji provinsi pada musim haji tahun 2018 ini berjumlah 1.080 orang, namun yang diberangkatkan ke Tanah Suci 1.070 orang.

Sedangkan untuk sembilan orang dinyatakan dimutasi dengan alasan pindah tugas ke provinsi lain, namun untuk dua orang yang dilaporkan batal, karena mengalami gangguan kesehatan yakni Maming Lannu asal Kabupaten Pulau Morotai dan Darfin asal Kabupaten Halmahera Selatan.

Untuk satu orang dimutasi masuk ke Malut dari Provinsi Bengkulu, dari jumlah tersebut sebanyak 1.070 orang yang masing-masing untuk laki-laki 485 orang dan perempuan 585 orang kemudian untuk kloter 7 yang sudah tiba di Embarkasi Makassar pada Jumat (20/7) dipastikan akan diterbangkan ke Tanah Suci hari ini.

Sementara para CJH Malut diharapkan tiba di Madinah pada Minggu (22/7) waktu setempat dan para CJH akan tinggal di Hotel Syarif di Madinah, namun pemulangan para CJH Malut ke Indonesia diharapkan tiba di embarkasi Makassar pada 1 September 2018 dan dilanjutkan penerbangan ke Ternate pada 2 dan 3 September mendatang.

Berita Lainnya
DKP Tidore Terus Berdayakan Nelayan Tradisional TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Tidore Kepulauan terus berupaya memberd...
Gubernur Maluku Utara Diminta Antisipasi Penurunan Harga Kopra TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Sejumlah elemen di Halmahera Utara meminta Gubernur Maluku Utara Abdul Gan...
Disperindag Siapkan Skema Penanganan Anjloknya Harga Kopra TERNATR, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Maluku Utara (Malut) men...
Tikep Persiapkan 500 Tahun Ekspedisi Magelhaens TIDORE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara (Malut) menggelar Ra...
DPRD Kota Ternate Konsultasi Dana Kelurahan ke Kemendagri TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Komisi I DPRD Kota Ternate, Maluku Utara, mengonsultasikan penggunaan dana...
Kanal: Maluku Utara