Loading...

Aminah Sabtu, Penjahit Bendera Pertama di Maluku Utara Wafat

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM – Salah seorang tokoh sejarah asal Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara (Malut), Aminah Sabtu, perempuan pertama yang menjahit bendera merah putih RI, berpulang dalam usia 91 tahun.

“Almarhum mengembuskan nafas terakhir di Kelurahan Mareku, Kecamatan Tidore Utara, karena sakit yang ia alami selama ini dan juga mungkin karena faktor usia,” kata Kepala Kelurahan Mareku, Hi Gani Hamid ketika dihubungi dari Ternate, Sabtu.

Aminah Sabtu atau masyarakat setempat mengenalnya sebagai nenek bendera selama ini salah satu perempuan pertama di Malut dan bahkan di Indonesia Timur yang berinisiatif untuk menjahit bendera merah putih RI sejak usianya masih 18 tahun dan mengibarkannya tepatnya pada 17 Agustus 1946.

Menurut Gani, yang juga anak sulung mendiang, selama ini sejak ayahnya meninggal dunia, Aminah menggantungkan hidup dari anak-anaknya.

Nenek bendera dimakamkan di perkuburan Kelurahan Mareku pada hari ini pukul 09:40 WIT dan dihadiri dari perwakilan Pemkot, Kodim 1505 Tidore, Jajaran Polres, Kesultanan Tidore, Tokoh adat Mareku, dan masyarakat mengantarkan Aminah ke tempat peristrahatan terakhir.

Nenek bendera selama ini pada hari-hari besar nasional seperti pada 17 Agustus, hari TNI dan bhayangkara selalu mendapat hadiah bingkisan sebagai bentuk penghargaan.

Selama ini Ibu Fatmawati dikenal sebagai penjahit bendera Merah Putih yang dikibarkan saat upacara pembacaan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Nenek Aminah disebut “Fatmawati” Tidore atau juga dari Indonesia Timur, sebab Aminah Sabtu yang menjahit bendera Merah Putih yang kemudian dikibarkan sekelompok pemuda pejuang di Tanjung Mareku, Pulau Tidore pada 18 Agustus 1946.

Malut kehilangan perempuan yang berjasa dan selalu menganjurkan kebaikan, rasa persaudaraan serta membela negara kepada setiap orang datang menemuinya, selamat jalan semoga amal kebaikan selama masa hidupnya mendapat tempat layak di sisiNya.

Berita Lainnya
KPU Tidore Gugurkan 35 Bacaleg di Penetapan DPS TIDORE, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara menggugurkan 35 bakal calon legislatif (bacaleg) 2019 melalui...
Orangtua Siswa di Ternate Menolak Imunisasi MR TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Sejumlah orang tua siswa di Ternate, Maluku Utara (Malut) menolak anaknya untuk mengikuti imunisasi measles dan rubella (MR)...
Puteri Indonesia 2017 Kunjungi Kota Tidore Kepulauan TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Puteri Indonesia Tahun 2017, Bunga Jelita Ibrani bersama 19 Finalis Puteri Kampus Universitas Khairun (Unkhair) Ternate 2018...
Gelar Aksi Protes, Massa Robohkan Pintu Pagar Kantor Bupati Morotai MOROTAI, TAJUKTIMUR.COM - Massa mengatasnamakan Barisan Orang Morotai (BOM) merobohkan pintu pagar Kantor Bupati Morotai, saat mereka menggelar aksi p...
Pemkot Ternate Akan Benahi Destinasi Wisata Pulau Hir TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara, segera membenahi jalan lingkar Pulau Hiri untuk menjadikan salah satu destinasi wisat...
Kanal: Maluku Utara