Loading...

ASDP Ternate Antisipasi Lonjakan Penumpang Arus Mudik

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM —- Kepala ASDP Persero cabang Ternate, Maluku Utara (Malut) mengantisipasi lonjakan dan antrean penumpang arus mudik dengan memperluas kawasan areal parkir.

Kepala ASDP Persero cabang Ternate, Wisnu Tjahjono di Ternate, Senin, mengatakan, perluasan ini untuk memberi kenyamanan bagi penumpang yang akan menyeberang ke berbagai kabupaten/kota untuk berlebaran ke kampung halamannya.

Selama ini, penumpang dari dan ke pelabuhan Fery Bastiong Ternate biasanya menggunakan jalur alternatif, sehingga dengan adanya perluasan areal kawasan parkir para penumpang yang datang maupun tiba tidak berdesak-desakan.

Dia mengatakan, hal ini untuk mengantisipasi membludaknya aktivitas arus mudik di pelabuhan itu dan pengguna jasa trasportasi kapal Fery bisa nyaman, karena diprediksi arus mudik di pelabuhan itu menjcapai 10 persen.

Wisnu menambahkan, saat ini telah disiapkan koridor bagi pejalan dengan menyediakan tenda agar para pemudik maupun pejalan kaki bisa melintasi pelabuhan fery secara nyaman.

Sebab, saat ini, kepadatan penumpang dan kendaraan yang menggunakan jasa kapal Fery telah membludak, terutama untuk rute Bastiong-Sofifi dan Bastiong – Sidangoli.

Dia menyatakan kalau aktivitas pelayanan bagi calon penumpang yang menggunakan kapal fery sendiri telah menyiapkan tujuh armada untuk mendukung kelancaran angkutan penumpang selama Ramadan dan menghadapi arus mudik dan balik lebaran tahun 2018.

Jumlah itu belum termasuk lima armada yang dikelola melalui jalur penyeberangan perintis seperti di Kabupaten Halmahera Selatan dan Pulau Taliabu.

Sebanyak tujuh armada yang disiapkan PT ASDP tersebut khusus untuk melayani angkutan pada rute Bastiong Ternate-Rum Tidore Kepulauan, Bastiong-Sofifi dan Bastiong-Sidangoli.

Selain armada yang disiapkan ASDP, ada pula dua armada milik swasta yang juga beroperasi, sehingga dipastikan keseluruhannya akan mampu mengangkut penumpang selama Idul Fitri dan arus mudik dan lebaran nanti.

Berita Lainnya
Bawaslu Minta Gubernur Malut Tunda Kunjungan ke Daerah PSU TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Maluku Utara (Malut) meminta Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba (AGK) untuk tidak melakukan kunjungan kerja (kuker...
KPU bersama Bawaslu Malut Gelar Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019 TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara (MALUT) bersama Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Malut, menggelar deklarasi kampaye dam...
Pemkot Tidore Targetkan Rp4 Miliar Pendapatan Sektor Perikanan TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara, menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor perikanan pada 2019 mengalami peningkata...
KPU Malut: Ada 5 Surat Suara di Pemilu 2019 TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara (Malut) hingga saat ini terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terutama masyarakat Malu...
Pertamina Cek Penyediaan Premium di SPBU Malut TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - PT Pertamina MOR VIII berjanji mengecek penyediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium yang tidak terjual di SPBU, menyusul adanya laporan me...
Kanal: Maluku Utara