Loading...

ASDP Ternate Antisipasi Lonjakan Penumpang Arus Mudik

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM —- Kepala ASDP Persero cabang Ternate, Maluku Utara (Malut) mengantisipasi lonjakan dan antrean penumpang arus mudik dengan memperluas kawasan areal parkir.

Kepala ASDP Persero cabang Ternate, Wisnu Tjahjono di Ternate, Senin, mengatakan, perluasan ini untuk memberi kenyamanan bagi penumpang yang akan menyeberang ke berbagai kabupaten/kota untuk berlebaran ke kampung halamannya.

Selama ini, penumpang dari dan ke pelabuhan Fery Bastiong Ternate biasanya menggunakan jalur alternatif, sehingga dengan adanya perluasan areal kawasan parkir para penumpang yang datang maupun tiba tidak berdesak-desakan.

Dia mengatakan, hal ini untuk mengantisipasi membludaknya aktivitas arus mudik di pelabuhan itu dan pengguna jasa trasportasi kapal Fery bisa nyaman, karena diprediksi arus mudik di pelabuhan itu menjcapai 10 persen.

Wisnu menambahkan, saat ini telah disiapkan koridor bagi pejalan dengan menyediakan tenda agar para pemudik maupun pejalan kaki bisa melintasi pelabuhan fery secara nyaman.

Sebab, saat ini, kepadatan penumpang dan kendaraan yang menggunakan jasa kapal Fery telah membludak, terutama untuk rute Bastiong-Sofifi dan Bastiong – Sidangoli.

Dia menyatakan kalau aktivitas pelayanan bagi calon penumpang yang menggunakan kapal fery sendiri telah menyiapkan tujuh armada untuk mendukung kelancaran angkutan penumpang selama Ramadan dan menghadapi arus mudik dan balik lebaran tahun 2018.

Jumlah itu belum termasuk lima armada yang dikelola melalui jalur penyeberangan perintis seperti di Kabupaten Halmahera Selatan dan Pulau Taliabu.

Sebanyak tujuh armada yang disiapkan PT ASDP tersebut khusus untuk melayani angkutan pada rute Bastiong Ternate-Rum Tidore Kepulauan, Bastiong-Sofifi dan Bastiong-Sidangoli.

Selain armada yang disiapkan ASDP, ada pula dua armada milik swasta yang juga beroperasi, sehingga dipastikan keseluruhannya akan mampu mengangkut penumpang selama Idul Fitri dan arus mudik dan lebaran nanti.

Berita Lainnya
MK-Maju Yakin Halsel Bakal Jadi Lumbung Suara MAKEAN, TAJUKTIMUR.COm -- Calon gubernur dan wakil gubernur Maluku Utara nomor urut empat, Muhammad Kasuba dan Abdul Madjid Husen (MK - Maju) optimist...
ASDP Berangkatkan 3.451 Penumpang Arus Balik LebarannRute Ternate-Tidore TERNATE, TAJUKTIMUR.COM -- PT ASDP telah memberangkatkan 3.451 penumpang feri rute Ternate-Rum Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara, pada masa angkutan...
Walikota Pimpin Apel Gabungan Pasca Libur Lebaran Idul Fitri 1439 H TIDORE, TAJUKTIMUR.COM —- Sesuai instruksi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (PAN-RB) nomor B/18/M....
Pendaki Hilang di Gunung Gamalama Ditemukan Selamat TERNATE, TAJUKTIMUR.COM —- Tim Basarnas Ternate, Maluku Utara (Malut), bersama warga Moya akhirnya berhasil menemukan seorang mahasiswi STIKIP Ternate...
Bawaslu Maluku Utara Minta Parpol Proaktif Awasi DPS TERNATE, TAJUKTIMUR.COM -- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Maluku Utara (Malut) meminta agar seluruh pengurus partai politik (parpol)...
Kanal: Maluku Utara