Loading...

ASN Mantan Napi Koruptor Pemprov Malut Terancam Dipecat

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM – Puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkup Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut) terancam dipecat karena telah menyandang status narapidana terutama yang terseset dalam kasus tindak pidana korupsi keuangan negara sebagaimana yang dikeluarkan Pengadilan Negeri (PN) Ternate.

“Nanti akan kita bicarakan lagi antara Sekda, inspektorat, Hukum dan BKD, tapi yang pasti hasil akhirnya akan mengarah ke pecat dan ini sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku,” ungkap Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Malut, Idrus Assagaf, Senin (27/8/2018).

Untuk masalah kepegawaian lanjut Idrus, dengan adanya putusan inkrah dari pengadilan terkait kasus yang menyeret mereka, secara tidak langsung nama-nama tersebut sudah akan di Blakclist secara otomatis di BKN Manado.

“Yang jelas data mereka sudah di Blakclist di BKN dan mereka sudah tidak bisa lagi memproses berkala dan persyaratan kepegawaian lainnya,” terangnya.

Bahkan lanjut dia, untuk proses kenaikan pangkat sendiri, Pemprov Malut juga tidak bisa melakukan dengan sendirinya jika yang bersangkutan sudah diblekslist secara otomatis di BKN.

“Saya belum bisa menentukan sikap secara sendiri untuk ke-19 orang ini, karena saya masih harus membicarakan bersama-sama dengan Sekda dan inspektorat serta hukum dan ini pembahasan ini insya Allah akan ditentukan dalam waktu dekat ini,” tuturnya.

Bahkan Idrus juga menegaskan, jika sudah memiliki putusan inkrah dari pengadilan dan mereka masih merasakan berbagai tunjangan baik gaji dan lain sebagainya maka ini akan menjadi temuan di kemudian hari.

“Kalau memang mereka menikmati itu maka akan menjadi temuan, dan itu bukan kewenangan saya itu adalah kewenangan BPK,” tegasnya.

Dari data yang di berhasil diterima, Berikut ini nama-nama PNS yang terancam dipecat karena menyandang status sebagai mantan napi, diantaranya:

  1. Ikram Abdul Wahab dengan nomor perkara 2/Pid.Tipikor/2012.PN TTE.
  2. M. Ichwan Herlambang dengan nomor perkara 10/Pid.Tipikor/2012.PN TTE.
  3. A. Malik Ibrahim dengan nomor perkara 26/Pid.Tipikor/2013.PN TTE.
  4. Muhammad Nasrun alias Acun dengan nomor perkara 5/Pid.Tipikor/2014.PN TTE.
  5. Sitna alias Otes binti Juma dengan nomor perkara 25/Pid.Sus-PK/2014.PN TTE.
  6. Ramdani dengan nomor perkara 26/Pid.Sus-PK/2014.PN TTE.
  7. Vaya Amelia dengan nomor perkara 26/Pid.Sus-PK/2014.PN TTE.
  8. Janiba Mochdar dengan nomor perkara 29/Pid.Sus-PK/2014.PN TTE.
  9. Ilham Rahayu Djunai dengan nomor perkara 4/Pid.Sus-PK/2015.PN TTE.
  10. Ruslan Abdul Malik alias Ruslan dengan nomor perkara 4/Pid.Sus-PK/2015.PN TTE.
  11. Iqbal AL Hadar dengan nomor perkara 5/Pid.Sus-PK/2015.PN TTE.
  12. Yanti Armayin dengan nomor perkara 15/Pid.Sus-PK/2015.PN TTE.
  13. Jani S Djafi dengan nomor perkara 16/Pid.Sus-PK/2016.PN TTE.
  14. Abdullah Assagaf dengan nomor perkara 17/Pid.Sus-PK/2016.PN TTE.
  15. M. Chalil Amri dengan nomor perkara 21/Pid.Sus-PK/2016.PN TTE.
  16. Abdullah Torano dengan nomor perkara 24/Pid.Sus-PK/2016.PN TTE.
  17. Hasan Ali dengan nomor perkara 25/Pid.Sus-PK/2016.PN TTE.
  18. Musafir Masuku dengan nomor perkara 26/Pid.Sus-PK/2016.PN TTE.
  19. Adam Djabir alias Adam dengan nomor perkara 35/Pid.Sus-PK/2016.PN TTE.
  20. Haiyun Umasugi dengan nomor perkara 14/Pid.Sus-PK/2017.PN TTE.
Berita Lainnya
Prajurit TNI di Maluku Utara Tanam Ribuan Pohon TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Prajurit TNI dari Korem 152/Babullah dan jajaran Kodim melaksanakan kegiat...
Maluku Utara Calon Pintu Gerbang Indonesia JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) daerah pemilihan (dapil) Malu...
Pemkot Tidore minta Masyarakat Dukung ‘Gema Petas’ TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara meminta masyarakat mendukun...
PMI Maluku Utara Butuh 300 Kantong Darah TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Palang Merah Indonesia Maluku Utara menyebut stok darah di RSUD Chasan Boe...
Pulau Mare Semakin Banyak Dikunjungi Wisatawan TIDORE, TAJUKTIMUR.COM - Pulau Mare di Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara, belakangan ini semakin b...
Kanal: Maluku Utara