Loading...

Basarnas Akan Bentuk Unit SAR di Halmahera Selatan

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM – Basarnas Ternate, Provinsi Maluku Utara (Malut) dalam waktu dekat akan membentuk Unit SAR Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) yang memiliki luas wilayah laut yang rentan terjadi berbagai kecelakaan saat berlayar.

Kepala Basarnas Ternate, M Arafah, di Ternate, Selasa, mengatakan, unit SAR Halsel sudah layak dibentuk, karena potensi, dan frekuensi daripada kecelakaan dan hamparan laut yang begitu luas itu sangat signifikan.

Di samping dari wilayah laut yang luas, maka semestinya Unit SAR di Kabupaten Halsel, hal demikian dikarenakan Basarnas merupakan tim evakuasi, pencari serta penolong.

Arafah yang melakukan pertemuan dengan Bupati Halsel Hi. Bahrain Kasuba, mengatakan, pembentukan unit SAR di Kabupaten Halsel ini merupakan yang kedua di Provinsi Malut, menyusul Kabupaten Halmahera Utara (Halut).

“Kalau di Halsel terbentuk, maka Basarnas Malut memiliki dua unit SAR, yakni Kabupaten Halsel dan Halut,” kata Arafah.

Dia berkoordinasi dengan Bupati Halsel Hi Bahrain Kasuba, terkait dengan dukungan Pemkab setempat salah satunya adalah lahan perkantoran untuk Unit Basarnas Halsel yang akan ditempati tujuh personel tim SAR.

Arafah mengatakan, jika Unit SAR sudah terbentuk, dia juga berharap Pemkab Halsel dapat menghibahkan lahan untuk dibuatkan kantor SAR.

“Dengan adanya Unit SAR di Kabupaten Halsel, saya berharap pencarian dan pertongan lebih cepat maupun tepat dilaksanakan, untuk menolong masyarakat,” katanya.

Sedangkan, Bupati Halsel, Hi. Bahrain Kasuba, mengakui, mendukung dan siap menyediakan lahan yang nantinya digunakan untuk kepentingan unit SAR Halsel.

“Saya akan menyampaikan ke Bidang Asset DPKAD Halsel, untuk menyiapkan lahan di wilayah Panamboang Kecamatan Bacan Selatan,” katanya.

Menurut Bupati, bahwa kehadiran unit SAR di Halsel, sangat penting, karena wilayah ini memiliki laut yang lebih luas dan sering terjadi kecelakaan laut.

Apalagi, fokus penanganan bencana tim SAR lebihnya ke laut, sehingga kehadiran SAR sangat penting untuk membantu pemerintah daerah dalam penanganan evakuasi bencana laut.

Berita Lainnya
Forum Kades Kao Teluk Tolak Kedatangan Gubernur Malut TOBELO, TAJUKTIMUR.COM - Forum Kepala Desa (Kades) Kecamatan Kao Teluk, Halmahera Utara menolak kedatangan Gubernur Maluku Utara (Malut) Abdul Gani Kasuba (AGK) di wilaya...
Matangkan Pembentukan Kodim, Danrem Kunjungi Morotai MOROTAI, TAJUKTIMUR.COM - Danrem 152/Babullah Kolonel Inf Endro Satoto, melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) ke Morotai dalam rangka penandatanganan Naskah Perjanjian Hi...
Bawaslu Minta Gubernur Malut Tunda Kunjungan ke Daerah PSU TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Maluku Utara (Malut) meminta Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba (AGK) untuk tidak melakukan kunjungan kerja (kuker...
KPU bersama Bawaslu Malut Gelar Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019 TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara (MALUT) bersama Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Malut, menggelar deklarasi kampaye dam...
Pemkot Tidore Targetkan Rp4 Miliar Pendapatan Sektor Perikanan TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara, menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor perikanan pada 2019 mengalami peningkata...
Kanal: Maluku Utara