Loading...

Basarnas Ternate Gelar Pasukan Pengamanan Arus Mudik

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM — Badan SAR Nasional (Basarnas) Ternate, Maluku Utara apel gelar pasukan pengamanan di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate dalam rangka siaga SAR khusus pelayanan arus mudik Lebaran 2018.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Ternate Mustari di Ternate, Kamis, mengatakan kegiatan itu untuk mengecek kesiapan personel maupun sarana prasarana dalam menunjang tugas pokok dan fungsi Basarnas setempat.

Dia mengharapkan melalui apel tersebut semua rencana yang telah disiapkan dalam pengamanan Idul Fitri 2438 Hijriah di daerah tersebut bisa dilaksanakan secara optimal. Wilayah kerja Basarnas Ternate meliputi Provinsi Maluku Utara.

“Tentunya dengan adanya apel pasukan ini dapat diaplikasikan dengan cepat dan tepat, serta kita dituntut untuk selalu bersinergi dengan seluruh `stakeholders` terkait sehingga penyelengaraan pengamanan Idul Fitri dapat berjalan dengan aman dan lancar,” katanya.

Ia mengharapkan masyarakat Maluku Utara bisa mudik serta liburan secara aman, nyaman, tertib, dan merayakan Idul Fitri dengan khidmat.

Ia menjelaskan tentang karakter khas Maluku Utara yang berupa kepulauan dan laut tersebut, di mana masyarakat juga mudik saat Lebaran dengan sebagian menggunakan sarana transportasi laut supaya bisa berkumpul dengan sanak keluarga di kampung halaman.

“Sehingga suasana Lebaran disertai dengan peningkatan aktivitas masyarakat yang mudik ke kampung halaman, baik itu melalui transportasi darat, laut, maupun udara,” katanya.

Ia menjelaskan peningkatan aktivitas masyarakat untuk mudik itu mempunyai implikasi terhadap pergerakan orang dan barang, mobilitas sarana transportasi, serta transaksi perekonomian di seluruh penjuru Tanah Air, baik menjelang maupun setelah Lebaran.

Oleh karena itu, Mustari menyatakan, dengan meningkatnya lalu lintas di darat, laut, maupun udara, semua pegawai Badan SAR dituntut selalu siap mengantisipasi kemungkinan terjadinya kecelakaan maupun musibah.

Berita Lainnya
MK-Maju Yakin Halsel Bakal Jadi Lumbung Suara MAKEAN, TAJUKTIMUR.COm -- Calon gubernur dan wakil gubernur Maluku Utara nomor urut empat, Muhammad Kasuba dan Abdul Madjid Husen (MK - Maju) optimist...
ASDP Berangkatkan 3.451 Penumpang Arus Balik LebarannRute Ternate-Tidore TERNATE, TAJUKTIMUR.COM -- PT ASDP telah memberangkatkan 3.451 penumpang feri rute Ternate-Rum Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara, pada masa angkutan...
Walikota Pimpin Apel Gabungan Pasca Libur Lebaran Idul Fitri 1439 H TIDORE, TAJUKTIMUR.COM —- Sesuai instruksi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (PAN-RB) nomor B/18/M....
Pendaki Hilang di Gunung Gamalama Ditemukan Selamat TERNATE, TAJUKTIMUR.COM —- Tim Basarnas Ternate, Maluku Utara (Malut), bersama warga Moya akhirnya berhasil menemukan seorang mahasiswi STIKIP Ternate...
Bawaslu Maluku Utara Minta Parpol Proaktif Awasi DPS TERNATE, TAJUKTIMUR.COM -- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Maluku Utara (Malut) meminta agar seluruh pengurus partai politik (parpol)...
Kanal: Maluku Utara