Loading...

Basarnas Ternate Gelar Pasukan Pengamanan Arus Mudik

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM — Badan SAR Nasional (Basarnas) Ternate, Maluku Utara apel gelar pasukan pengamanan di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate dalam rangka siaga SAR khusus pelayanan arus mudik Lebaran 2018.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Ternate Mustari di Ternate, Kamis, mengatakan kegiatan itu untuk mengecek kesiapan personel maupun sarana prasarana dalam menunjang tugas pokok dan fungsi Basarnas setempat.

Dia mengharapkan melalui apel tersebut semua rencana yang telah disiapkan dalam pengamanan Idul Fitri 2438 Hijriah di daerah tersebut bisa dilaksanakan secara optimal. Wilayah kerja Basarnas Ternate meliputi Provinsi Maluku Utara.

“Tentunya dengan adanya apel pasukan ini dapat diaplikasikan dengan cepat dan tepat, serta kita dituntut untuk selalu bersinergi dengan seluruh `stakeholders` terkait sehingga penyelengaraan pengamanan Idul Fitri dapat berjalan dengan aman dan lancar,” katanya.

Ia mengharapkan masyarakat Maluku Utara bisa mudik serta liburan secara aman, nyaman, tertib, dan merayakan Idul Fitri dengan khidmat.

Ia menjelaskan tentang karakter khas Maluku Utara yang berupa kepulauan dan laut tersebut, di mana masyarakat juga mudik saat Lebaran dengan sebagian menggunakan sarana transportasi laut supaya bisa berkumpul dengan sanak keluarga di kampung halaman.

“Sehingga suasana Lebaran disertai dengan peningkatan aktivitas masyarakat yang mudik ke kampung halaman, baik itu melalui transportasi darat, laut, maupun udara,” katanya.

Ia menjelaskan peningkatan aktivitas masyarakat untuk mudik itu mempunyai implikasi terhadap pergerakan orang dan barang, mobilitas sarana transportasi, serta transaksi perekonomian di seluruh penjuru Tanah Air, baik menjelang maupun setelah Lebaran.

Oleh karena itu, Mustari menyatakan, dengan meningkatnya lalu lintas di darat, laut, maupun udara, semua pegawai Badan SAR dituntut selalu siap mengantisipasi kemungkinan terjadinya kecelakaan maupun musibah.

Berita Lainnya
Polres Ternate Raih Predikat Zona WBK TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) memberik...
Walikota ajak Masyarakat jaga Terumbu Karang di Jikomalamo TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman mengajak masyarakat untuk menjaga teru...
KNPI Tidore Canangkan Pemuda Pengawal Pemilu TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Mal...
MK Putuskan AGK-YA sebagai Gubernur dn Wakil Gubernur Malut Terpilih JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK-RI) akhirnya menetapkan pasanga...
Pemkab Halteng Alokasikan Anggaran Rp65 Miliar untuk Pariwisata TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Tengah, Maluku Utara (Malut) menga...
Kanal: Maluku Utara