Loading...

Bawaslu Ingatkan Pejabat Malut Cuti Jika Ikut Kampanye

TERNATE (TAJUKTIMUR.COM) — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Maluku Utara (Malut) meminta seluruh pejabat negara agar mengajukan cuti saat mengikuti kampanye calon gubernur/wakil gubernur dalam pilkada serentak tahun 2018.

“Sesuai ketentuan, pejabat negara mulai kepala daerah hingga anggota DPD, DPR-RI, DPRD provinsi, kabupaten/kota telah mengajukan cuti tiga hari sebelum kampanye,” kata Ketua Bawaslu Malut, Muksin Amrin di Ternate, Rabu (21/2).

Menurut dia, surat cuti kampanye harus dikantongi setiap kepala daerah maupun legislator untuk mengikuti kampanye tertutup, terbuka maupun dialogis.

Dia mengakui, meskipun saat ini telah memasuki masa kampanye bagi pasangan calon gubernur/wakil gubernur Malut, hingga kini belum ada surat cuti kampanye yang disampaikan ke Bawaslu Malut.

Oleh karena itu, Muksin mengingatkan kepada seluruh pejabat negara maupun legislator agar mematuhi ketentuan mengenai cuti kampanye, sebab, kalau ada yang ikut kampanye tanpa disertai cuti kampanye tentu akan dikenai sanksi pidana pemilu dan bisa diproses secara pidana.

Dia berharap agar seluruh pasangan calon gubernur/wakil gubernur Malut bersama tim kampanye agar fokus menyampaikan visi-misi dan program kerjanya dengan menghindari cara-cara tidak etis yang harus dihindari.

Dirinya mengakui, Bawaslu Malut telahmeminta agar seluruh paslon untuk menghindari 24 jenis larangan selama pelaksanaan kampanye.

Selain itu, Malut yang masuk dalam kategori sedang dalam kontenstasi pilkada ini menjadi tanggung jawab bukan saja penyelenggara, tetapi paslon maupun masyarakat harus menjaga suasana kamtibmas yang kondusif.

(hfd/ttcom)

Berita Lainnya
Tidore siapkan pembangunan pelabuhan wisata dan perikanan TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara (Malut) membangun s...
UNBK di Ternate Siap Digelar 22 April 2019 TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Panitia pelaksana Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Ternate, Malu...
Gubernur Komitmen Dorong Ekspor Langsung dari Malut TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Gubernur Abdul Ghani Kasuba berkomitmen mendorong ekspor langsung dari Mal...
Polda Malut Musnahkan Puluhan Senpi Rakitan dan Miras TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Polda Maluku Utara (Malut) memusnahkan puluhan senjata api (senpi) rakitan...
Kecamatan Gane Timur Selatan Juara Umum Pada STQ Ke XXV LABUHA, TAJUKTIMUR.COM - Pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) ke XXV Tahun 2019 tingkat Kabupa...
Kanal: Maluku Utara Pilkada