Loading...

BKKBN minta Penyuluh Layani Masyarakat Secara Profesional

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Maluku Utara (Malut) meminta agar penyuluh dan pelayanan Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga Nasional bekerja profesional dan berkualitas.

“Tentunya pelatihan bisa memberi pemahaman tentang tugas penyuluh dalam rangka mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera,” kata Kepala Bidang Latbang Perwakilan BKKBN Provinsi Malut, Sedek Tuasikal, kemarin.

Dia mengatakan, pelatihan dilaksanakan selama ini sebagai upaya mewujudkan penyuluh yang profesional dalam memberikan pelayanan Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga.

Pelatihan dapat meningkatkan kompetensi Penyuluh KB di dalam pengelolaan KKBPK di Provinsi Malut.

Dia mengatakan, Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Utara sedang melaksanakan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Teknis Program KKBPK bagi PLKB / PKB Angkatan I dan Angkatan II Tingkat Provinsi Maluku Utara tahun 2018.

Pelatihan yang berlangsung di Hotel Green Land Tobelo Kabupaten Halmahera Utara tanggal 18 hingga 21 Juli 2018 juga merupakan salah satu dari kegiatan dalam rangka Hari Keluraga Nasional (Harganas) ke-25 Tingkat Provinsi Maluku Utara tersebut dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Halmahera Utara Fredy Tjandua.

Setelah diberikan pembekalan kepada para PLKB dan PKB, kata Sedek Tuasikal, akan terjadi perubahan pola pikir para penyuluh KB ketika kembali ke masyarakat, khususnya soal teknik pendekatan kepada tokoh formal maupun informal, sehingga kegiatan Program KKBPK dapat menyentuh sampai pada lapisan yang paling bawah.

Materi Diklat yang berikan kepada peserta meliputi Bina Suasana, Kebijakan?Program KKBPK, Penguatan Tupoksi Penyuluh KKBPK, Pengembangan Strategi Komunikasi dan Pesan Kunci, Mitra Potensial Lini Lapangan, Pemanfaatan TIK untuk Penyuluhan dan Praktek Aplikasi KKBPK dan SKATA dengan fasilitator dari Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Utara.

Peserta yang ikut dalam pelatihan ini sebanyak 160 orang terdiri dari 10 Kabupaten Kota di Maluku Utara, yaitu Pelatihan Peningkatan Kompetensi Program KKBPK bagi PLKB/PKB sebanyak 80 orang peserta dan Diklat Teknis Penyegaran Program KKBPK bagi PLKB/PKB (Refreshing) 80 orang peserta.

Berita Lainnya
Maluku Utara masuk zona rawan konflik Pemilu TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Polda Maluku Utara (Malut) menyatakan provinsi ini masuk dalam zona rawan ...
Kepulauan Sula fokus budi daya ikan dan rumput laut TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kepuluan Sula, Maluku Utara, ...
Muhammad Kasuba akan Wujudkan Malut Lebih Sejahtera LABUHA, TAJUKTIMUR.COM - Calon Legislatif Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dari P...
Pengamat: Masyarakat Menanti Kejutan Debat Capres tanpa Kisi-Kisi TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Calon Presiden (Capres) Joko Widodo dan Prabowo Subianto pada Minggu malam...
Wali Kota Ternate Agendakan Triathlon Jadi Event Tahunan TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Walikota Ternate Burhan Abdurahman mengagendakan event perlombaan Triathlo...
Kanal: Maluku Utara