Loading...

BKNDI Malut Siap Bantu Pemprov Wujudkan Swasembada Bawang Putih

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM – Badan Kordinasi Nasional Desa Indonesia (BKNDI) Maluku Utara (Malut) akan membantu Pemprov setempat mewujudkan swasembada bawang putih, agar kebutuhan masyarakat tidak perlu mengandalkan pasokan bawang putih dari provinsi lain.

“Kebutuhan bawang putih di Malut yang selama ini harus didatangkan dari provinsi lain mengakibatkan harganya cukup mahal, bahkan tidak jarang mencapai Rp60.000 per kg saat pasokannya terlambat masuk,” kata Ketua BKNDI Malut, Sadik Hamisi di Ternate, Sabtu.

Padahal Malut memiliki potensi lahan yang sangat luas dan cocok untuk pengembangan bawang putih, yang kalau potensi itu dimanfaatkan secara maksimal selain bisa swasembada juga bisa memasok untuk kebutuhan provinsi lain.

Menurut dia, BKNDI Pusat telah menjalin kemitraan dengan enam Kementerian terkait dan investor bawang putih dari Tiongkok untuk melaksanakan program pengembangan bawang putih di Indonesia, termasuk di wilayah Malut.

BKNDI Malut telah menjajaki kerja sama dengan sejumlah pemerintah kabupaten/kota di Malut, di antaranya Pemkab Halmahera Utara dan Pemkab Halmahera Selatan untuk pengembangan bawang putih di kedua kabupaten itu.

Pemkab Halmahera Selatan, kata Sadik, sangat mendukung tawaran kerja sama itu, bahkan Bupati Halmahera Selatan, Bahrain Kasuba langsung memerintahkan Dinas Pertanian untuk segera menindaklanjutinya.

Untuk diketahui, BNKDI Malut sudah membuat kesepakatan dengan Dinas Pertanian Halmahera Selatan untuk melakukan proyek percontohan pengembangan bawang putih seluas 100 hektare di sepuluh desa, di antaranya Desa Sama yang memiliki lahan sangat luas dan cocok untuk pengembangan tanaman itu.

“Investor bawang putih dari Tiongkok nantinya akan membantu para petani dalam mengembangkan bawang putih, mulai dari pengolahan lahan, penyediaan bibit, pemeliharaan dan penanganan panen, sehingga hasilnya sesuai dengan standar yang diinginkan,” katanya seperti dilansir Antara.

Berita Lainnya
Dinas Pertamian Kota Tidore Dorong Pengembangan Pala dan Cengkih TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Pertanian (Distan) Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara tetap...
Disperindag Kota Ternate Data Pedagang di Pasar Gamalama TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Ternate, Maluku Utara, akan menda...
Kerajinan Anyaman Tikar Tradisional Ternate Terancam Punah TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Kerajinan anyaman tikar tradisional di Kota Ternate, Maluku Utara terancam...
Pemprov Maluku Utara Diminta Prioritaskan Pembangunan Jalan di Tidore TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerinta Provinsi Maluku Utara diminta memprioritaskan pembangunan infras...
Distan Upayakan Kecamatan Oba jadi Penghasil Bawang TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Pertanian (Distan) Kota Tidore Kepulauan berupaya menjadikan Kecamat...
Kanal: Maluku Utara