Loading...

BMKG: Masyarakat Waspada Saat Masuki Musim Penghujan

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM – Memasuki musim penghujan yang sudah mulai pada awal November 2018 hingga diperkirakan akan berlangsung sampai Januari 2019 nanti, BMKG minta masyarakat agar selalu berhati-hati dan waspada.

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat terjadi pada musim penghujan, sehingga masyarakat hendaknya selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan yang dapat mengakibatkan banjir dan lainnya.

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Sultan Babullah Ternate melalui Prakirawan Cuaca Vianca Adji Dwi Putra mengatakan, selain sudah memasuki awal musim penghujan juga kondisi hujan yang terjadi dalam beberapa hari terakhir dipengaruhi adanya konvergensi serta pusat tekanan rendah.

”Akibat dari kondisi yang terjadi hujan sedang hingga lebat juga sering disertai dengan angin kencang,” kata Vianca Adji Dwi Putra saat wwancara di RRI siaran Kota Ternate, kemarin.

Jika dilihat dari data yang ada pada BMKG kata Vianca Adji Dwi Putra, konvergensi yang terjadi berada di atas wilayah Kota Ternate, Tidore, Halmahera Timur, Halmahera Tengah dan Halmahera Barat.

Ini terjadi pada daerah yang berada di sekitar ekuator, sehingga dapat menimbulkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Dengan kondisi cuaca yang berpotensi hujan lebat disertai petir BMKG mengeluarkan peringatan dini bagi masyarakat di Provinsi Maluku Utara pada siang dan malam hari.

Disamping itu dengan kondisi cuaca tersebut akan berpengaruh terhadap kondisi gelombang laut yang bisa mencapai dua kali lipat dari normal di Samudera Pasifik Utara Halmahera, Laut Halmahera dan Perairan Utara Halmahera yang mencapai diatas 2 meter.

Berita Lainnya
Pemkab Halteng Alokasikan Anggaran Rp65 Miliar untuk Pariwisata TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Tengah, Maluku Utara (Malut) menga...
Gubernur Maluku Utara Terima Dipa dan Dana Transfer 2019 TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Gubernur Maluku Utara, Abdul Ghani Kasuba menerima Daftar Isian Pelaksanaa...
BPS: 216 Desa di Malut Tercemar Limbah Pertambangan TERNATE, TAJUKTIMUR.COM , Badan Pusat Statistik (BPS) Maluku Utara (Malut) menyatakan, sebanyak 216 ...
BPS Catat Potensi 1.196 Desa di Maluku Utara TERNATE, TAJUKTIMUR.COM -Badan Pusat Statistik (BPS) Maluku Utara (Malut) mencatat hasil Potensi Des...
Pemkot Ternate mulai bangun Plaza Gamalama TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Ternate, Maluku Utara,...
Kanal: Maluku Utara