Loading...

BPS: Ternate Alami Inflasi 1,71 Persen

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM —- Badan Pusat Statistik (BPS) Maluku Utara (Malut) mencatat, pada Juni 2018, Kota Ternate mengalami inflasi sebesar 1,71 persen dengan indeks harga konsumen (IHK) sebesar 138,71.

“Sedangkan Nasional mengalami inflasi sebesar 0,59 persen dengan indeks harga konsumen sebesar 133,77,” kata Kepala BPS Malut, Misfaruddin di Ternate, Selasa.

Berdasarkan hasil pemantauan BPS Provinsi Maluku Utara, pada pasar tradisional dan pasar modern di Kota Ternate, bulan Juni 2018 mengalami inflasi 1,71 persen, atau terjadi kenaikan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 136,38 pada Mei 2018, menjadi 138,71 pada Juni 2018.

Menurut Misfaruddin, inflasi yang cukup tinggi didorong oleh kenaikan harga akibat meningkatnya permintaan barang selama hari raya Idhul Fitri dan setelah hari raya Idhul Fitri.

Selain itu, tingkat inflasi tahun kalender Juni 2018 sebesar 4,42 persen dan tingkat inflasi Year on Year (Juni 2018 terhadap Juni 2017) sebesar 3,91 persen dan Kota Ternate mengalami inflasi pada enam kelompok pengeluaran dan stagnan pada satu kelompok pengeluaran.

Dia mengatakan, dari 82 kotaIHK, seluruh kota mengalami inflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Kota Tarakan sebesar 2,71 persen, Kota Tual sebesar 2,22 persen, dan Kota Kendari sebesar 2,01 persen.

Selain itu, untuk inflasi tahun kalender Kota Ternate sebesar 4,42 persen dan inflasi year on year Kota Ternate sebesar 3,91 persen.

Sedangkan inflasi tahun kalender dan inflasi year on year Nasional yaitu masing-masing sebesar 1,90 persen dan 3,12 persen.

Bahkan, pada Juni 2018, Kota Ternate mengalami inflasi pada enam kelompok pengeluaran dan stagnan pada satu kelompok pengeluaran. Kelompok bahan makanan mengalami inflasi sebesar 5,90 persen, kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,21 persen, kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 0,02 persen.

Berita Lainnya
Basarnas Evakuasi KM Bajoe di Perairan Tidore TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, mengevakuasi kapal KM SS Bajoe rute Ternate tujuan Kayoa, Halmahera Selatan (Halsel), Maluku ...
Gubernur Abdul Gani Kasuba Pastikan PSU di Malut Aman TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba memastikan agenda pemungutan suara ulang (PSU) yang akan berlangsung di enam desa Kabupaten Halmahera Ut...
Pemkot Tidore Anggarkan Kesehatan Gratis Warga Kurang Mampu TIDORE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara (Malut) menyiapkan seluruh dokumen untuk disampaikan ke DPRD setempat untuk pembahasan KUA...
Transplantasi Terumbu Karang Taman Laut Nukila Ternate TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Memeriahkan HUT TNI Ke-73, LANAL Ternate bersama POSSI Kota Ternate menggelar kegiatan transplantasi terumbu karang di perairan Taman Laut Nukil...
Gubernur Malut dan Forkompimda Tinjau Wilayah 6 Desa TERNATE, TAMUKTIMUR.COM - Menjelang hari Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada 17 Oktober 2018 mendatang, Gubernur Maluku Utara (Malut) Abdul Ghani Kasuba melakukan Kunjungan...
Kanal: Maluku Utara