Loading...

BPS: Ternate Inflasi 0,12 Persen

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM – Badan Pusat Statistik (BPS) Maluku Utara (Malut) mencatat, pada Oktober 2018 Kota Ternate mengalami inflasi 0,12 persen, terjadi kenaikan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 136,70.
“Ternate alami inflasi 0,12 persen itu berdasarkan hasil pemantauan pada pasar tradisional dan pasar modern Oktober 2018,” kata Kepala BPS Malut, Misfaruddin di Ternate, Jumat.

Kota Ternate mengalami inflasi pada enam kelompok pengeluaran dan stagnan pada satu kelompok pengeluaran. Kelompok yang mengalami inflasi yaitu bahan makanan sebesar 0,27 persen, kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,30 persen, kelompok, perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 0,02 persen.

Selain itu, kelompok sandang sebesar 0,13 persen, kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga sebesar 0,04 persen dan kelompok transpor, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,02 persen.

Sedangkan, untuk tingkat inflasi tahun kalender Kota Ternate sebesar 3,03 persen dan tingkat inflasi Year on Year (Oktober 2018 terhadap Oktober 2017) sebesar 3,26 persen.

Pada Oktober 2018, Kota Ternate mengalami inflasi sebesar 0,12 persen dengan indeks harga konsumen (IHK) sebesar 136,87.

Dari 82 kota IHK, 66 kota mengalami inflasi dan 16 kota mengalami deflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Kota Palu sebesar 2,27 persen, Kota Medan sebesar 1,44 persen dan deflasi tertinggi terjadi di Kota Bengkulu sebesar 0,74 persen.

Inflasi tahun kalender Kota Ternate sebesar 3,03 persen dan inflasi year on year Kota Ternate sebesar 3,26 persen, jika diurutkan ternate berada di urutan ke 54 dari kota yang mengalami inflasi.

Dia menambahkan, Kota Ternate mengalami inflasi pada enam kelompok pengeluaran dan stagnan pada satu kelompok pengeluaran, kelompok yang mengalami inflasi yaitu kelompok bahan makanan sebesar 0,27 persen, kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,30 persen.

Begitu pula, kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 0,02 persen, kelompok sandang sebesar 0,13 persen, kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga sebesar 0,04 persen dan kelompok transpor, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,02 persen.

Berita Lainnya
Selama Ramadan, Pemkot Ternate larang tempat hiburan malam beroperasi TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut) melarang tempat hib...
Tidore siapkan pembangunan pelabuhan wisata dan perikanan TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara (Malut) membangun s...
UNBK di Ternate Siap Digelar 22 April 2019 TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Panitia pelaksana Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Ternate, Malu...
Gubernur Komitmen Dorong Ekspor Langsung dari Malut TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Gubernur Abdul Ghani Kasuba berkomitmen mendorong ekspor langsung dari Mal...
Polda Malut Musnahkan Puluhan Senpi Rakitan dan Miras TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Polda Maluku Utara (Malut) memusnahkan puluhan senjata api (senpi) rakitan...
Kanal: Maluku Utara