Loading...

BUMN di Ternate diminta dukung Pengembangan Pariwisata

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Ternate, Maluku Utara, minta seluruh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Ternate untuk mendukung pengembangan pariwisata di daerah ini.

“Dukungan itu di antaranya dalam bentuk pembangunan sarana dan prasarana di objek wisata dengan memanfaatkan program tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR di masing-masing BUMN,” kata Kepala Disbudpar Ternate, Samin Marsaoly di Ternate, Selasa.

Seperti yang telah dilakukan Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Ternate yang memanfaatkan program CSR pada 2018 untuk membangun sejumlah sarana dan prasarana pariwisata di objek wisata Pantai Sulamadaha, salah satu objek wisata bahari andalan daerah ini.

Menurut dia, Pemkot Ternate selama ini telah memprogramkan pembangunan sarana dan prasarana pariwisata di seluruh objek wisata di daerah ini, tetapi karena mengalami keterbatasan anggaran, sehingga program itu belum bisa direalisasi semuanya.

Oleh karena itu, dukungan dari berbagai pihak, seperti BUMN sangat diharapkan sebagai bentuk kontribusi mereka terhadap pembangunan pariwisata di daerah ini yang selama ini menjadi tempat mengembangkan aktivitas usaha.

BUMN di Ternate, kata Samin Marsaoly, juga diharapkan berperan dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan di daerah ini, di antaranya dengan menggelar kegiatan bertahap nasional di Ternate.

Misalnya menjadikan Ternate sebagai penyelenggaraan rapat nasional yang menghadirkan peserta dari BUMN bersangkutan, baik yang ada di Jakarta maupun daerah lainnya di Indonesia.

Ia mengimbau pula kepada BUMN yang bergerak di bidang perbankkan untuk memberi kemudahan kepada pelaku usaha yang mengajukan peminjaman modal untuk pengembangan usaha pariwisata di daerah ini.

Kemudahan serupa juga harus diberikan kepada para pelaku usaha yang ingin mengembangkan usaha ekonomi kreatif, seperti usaha kerajinan dan kuliner karena usaha ini memberi kontribusi bagi pengembangan sektor pariwisata di daerah ini.

Berita Lainnya
Pemprov diminta Realisasikan Pembangunan Jembatan Temadore TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara (Malut) diminta merealisasikan ...
Gubernur Malut Instruksikan Seluruh SKPD Fokus Kerja TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba menginstruksikan ke seluruh Satuan...
BPS: Angka kemiskinan di Maluku Utara meningkat TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) Maluku Utara (Malut) mencatat angka kemiskinan...
Empat Bulan Jasa Medis di RSUD Belum Terbayar TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Tenaga medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Halmahera Utara M...
60 Ribu Warga Halut belum Rekaman e-KTP TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Maluku ...
Kanal: Maluku Utara