Loading...

Dinkes Maluku Utara Sasar 382.868 Anak Imunisasi MR

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM – Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara menyasar 382.868 anak usia sembilan bulan hingga 15 tahun tersebar di 10 kabupaten/kota untuk ikut imunisasi “Measles dan Rubella (MR)”.

Pelaksanaan imunisasi 1 Agustus hingga akhir September 2018 melalui fasilitas pelayanan kesehatan dan sekolah, kata Kepala Seksi Survey Lance dan Imunisasi Dinkes Malut, Muhammad Isa Tauda di Ternate, Minggu.

Dia mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk mencapai eliminasi penyakit campak dan pengendalian penyakit rubella yang disebabkan oleh adanya infeksi melalui kampanye dan intrudiksi imunisasi campak.

Menurut dia, target cakupan kampanye imunisasi di wilayah Malut ini minimal 95 persen guna memberikan kekebalan dan memutus mata rantai penularan campak dan rubella di masyarakat.

Data 10 kabupaten/kota masing-masing target yang direalsasikan yakni di Kabupaten Halmahera Timur 28.810 anak, Halmahera Utara 60.049 anak, Pulau Morotai 21.010 anak, Kepulauan Sula 33.364 anak, Pulau Taliabu 18.267 anak, dan Halmahera Selatan 79.935 anak.

Halmahera Barat 35,369 anak, Halmahera Tengah 18.225 anak, Kota Ternate 57.737 anak dan Kota Tikep 28.801 anak.

Oleh karena itu, pihaknya selain menggunakan fasilitas pelayanan kesehatan dan sekolah, akan menyisir dari rumah ke rumah untuk memastikan anak-anak terutama usia 9 bulan hingga 6 tahun yang bersekolah untuk mendapatkan pelayanan imunisasi.

“Kami tentunya akan berkoordinasi dengan RT dan kepala desa/lurah setempat untuk memastikan ada anak yang belum sekolah agar mendapatkan pelayanan imunisasi, sehingga target seluruh anak mendapatkan imunisasi bisa terealisasi,” kata Muhammad.

Dia menambahkan, penyakit campak dikenal juga sebagai Measles (sarampuh), Campak menupatan penyakit yang sangat mudah menular yang disebabkan oleh virus dan ditularkan melalui batuk dan bersin dan gejala penyakit campak adalah demam tinggi, bercak kemerahan pada kulit lrash) disertai dengun batuk dan mata merah.

Sedangkan untuk penyakit Rubella atau Serine juga disebut sebagal Campak Jerman adalah suatu penyakit yang mirip dengan campak yang juga ditularkan melalu? saluran pernafasan saat batuk dan bersin.

Bahkan campak rubella disebabkan oleh virus, karena rubella pada anak sering menimbulan gejala demam ringan atau bahkan tanpa gejala sehingga sering tidak melapor ke puskesmas terdekat.

Berita Lainnya
Dinas Pertamian Kota Tidore Dorong Pengembangan Pala dan Cengkih TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Pertanian (Distan) Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara tetap...
Disperindag Kota Ternate Data Pedagang di Pasar Gamalama TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Ternate, Maluku Utara, akan menda...
Kerajinan Anyaman Tikar Tradisional Ternate Terancam Punah TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Kerajinan anyaman tikar tradisional di Kota Ternate, Maluku Utara terancam...
Pemprov Maluku Utara Diminta Prioritaskan Pembangunan Jalan di Tidore TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerinta Provinsi Maluku Utara diminta memprioritaskan pembangunan infras...
Distan Upayakan Kecamatan Oba jadi Penghasil Bawang TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Pertanian (Distan) Kota Tidore Kepulauan berupaya menjadikan Kecamat...
Kanal: Maluku Utara