Loading...

Dinkes Ternate alami Kendala Imunisasi MR di Sekolah

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), mengalami kendala untuk melakukan imunisasi MR di setiap sekolah karena orang tua siswa terpengaruh belum ada Izin dari MUI.

Kadis KesehatanTernate, Fatyiah Summa mengatakan, kendala imunisasi di setiap sekolah yaitu masyarakat masih merasa ragu dengan anaknya diimunisasi MR.

Sebab, orang tua murid ada yang menolak imunisasi MR kepada anak, dikarenakan berkembang isu bahwa program ini di pulau Jawa yang tidak baik sehingga menimbulkan ketakutan.

Hanya saja, kata dia, persetujuan MUI yang belum disahkan karena belum dipastikan kehalalan itu, tetapi vaksin MR sementara pengurusan kehalalnya.

Namun, tidak dihentikan program imuniasi MR? karena vaksin tersebut bertujuan untuk membentuk antibodi dan kekebalan tubuh pada anak.

Dia menyatakan, masih di tahapan sosiliasi untuk memberi pengetahuan terhadap orang tua,? sehingga imunisasi MR terus dilaksanakan.

“Sambil menunggu pengurusan kehalalan pada vaksin MR di MUI sehingga para orang tua tidak ragu untuk memberikan imunisasi kepada anaknya,” kaa Fatyiah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Ternate, Ibrahim Muhammad mengakui, kalau masalah ini dikarenakan orang tua masih keberatan.

Persoalannya lainya, lanjut dia, Dinas kesehatan masih melakukan koordinasi dengan MUI karena belum ada izinnya.

Namun, yang diimunisasi ini adalah siswa, dan siswa itu anaknya orang, kalau orang tua murid tidak mau melakukan imunisasi berarti Disdikbud tidak bisa memaksa.

“Kita harus ada kesepakatan dari MUI karena itu persoalan kelembagaan,” kata Ibrahim.

Sebelumnya, Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba meminta agar pemberian vaksin MR bagi anak usia 9 bulan hingga 15 tahun di wilayahnya agar dihentikan, hingga ada sertifikasi halal dari MUI.

Berita Lainnya
Pemprov Maluku Utara Janji Bayar TPP Enam Bulan TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Provinsi Maluku Utara berjanji membayar Tunjangan Perbaikan Pen...
Polisi Sita Minuman Keras dari KM Kieraha TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Aparat Kepolisian Polsek Pelabuhan Ahmad Yani Ternate, Maluku Utara (Malut...
TPID Ternate Jamin Ketersediaan Sembako di Maluku Utara TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Ternate, Maluku Utara (Malut), menjam...
Pertamina Hentikan Penyaluran BBM ke SPBU Kalumata TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pertamina Maluku Utara (Malut), menghentikan penyaluran Bahan Bakar Minyak...
Pengamat: Pemprov Malut harus beli kopra petani TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pengamat ekonomi dari Universitas Khairun (Ukhair) Ternate Muhtar Adam men...
Kanal: Maluku Utara