Loading...

Disdikbud Maluku Utara Tegaskan Tidak Potong DAK

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Maluku Utara (Malut) menegaskan, tidak pernah melakukan pemotongan Dana Alokasi Khusus (DAK) milik Sekolah Menengah Atas (SMA) seperti yang ditudingkan.

“Kami tidak pernah memotong DAK, yang ada hanya pemberian dari masing-masing kepala sekolah sebagai bentuk ucapan terimakasih dan itu tidak bisa dipungkiri,” kata Kepala Disdikbud Provinsi Malut, Imran Yakub, di Ternate, Kamis.

Menurut dia, informasi yang menuding dirinya bersama Kepala bidang SMA, Rustam Panjab sering melakukan pemotongan DAK tidak benar, yang ada hanyalah pihak sekolah yang memberikan uang terimakasih sehingga tidak bisa ditolak.

Dia menjelaskan, DAK tidak masuk melalui rekening Disdikbud, tetapi langsung masuk ke masing-masing rekening sekolah.

Setelah itu pihak sekolah melaporkan ke DiSdisbud sehingga tidak bisa dipungkiri apabila setelah pencairan lantas ada kepala sekolah memberikan uang partisipasi.

“Tidak ada pemotongan karena yang ada hanya partisipasi dari kepala sekolah, itu pun tidak ada pemaksaan,” ujarnya.

Imran mengatakan, mekanisme pencairan dan pengelolan DAK berada pada Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) yakni Kabid SMA dengan adanya penandatanganan pakta itegritas oleh para Kepala Sekolah dengan Disdikbud terkait dengan penggunakan DAK dan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Untuk persoalan DAK, ia mempersilakan kepada wartawan untuk menanyakan langsung kepada PPK yang juga menjabat Kabid SMA.

“Nanti tanya langsung ke Kabid SMA, sebab dia yang lebih dekat dengan sekolah serta memproses semua administrasi sekolah,” katanya.

Sebelumnya, Kejati Malut menyatakan akan melakukan penyelidikan atas laporan dan kasus dugaan pemotongan DAK milik SMA yang dilakukan Disdikbud Malut tersebut.

Berita Lainnya
Walikota ajak Masyarakat jaga Terumbu Karang di Jikomalamo TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman mengajak masyarakat untuk menjaga teru...
KNPI Tidore Canangkan Pemuda Pengawal Pemilu TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Mal...
MK Putuskan AGK-YA sebagai Gubernur dn Wakil Gubernur Malut Terpilih JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK-RI) akhirnya menetapkan pasanga...
Pemkab Halteng Alokasikan Anggaran Rp65 Miliar untuk Pariwisata TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Tengah, Maluku Utara (Malut) menga...
Gubernur Maluku Utara Terima Dipa dan Dana Transfer 2019 TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Gubernur Maluku Utara, Abdul Ghani Kasuba menerima Daftar Isian Pelaksanaa...
Kanal: Maluku Utara