Loading...

Disperindag Manfaatkan Haornas Promosi Produk UMKM

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ternate, Maluku Utara akan memanfaatkan Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) Tingkat Nasional 2018 di Ternate untuk memromosikan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Kepala Disperndag Ternate, Nuriyadin A Rahman, di Ternate, Minggu, mengatakan pada peringatan Haornas Tingkat Nasional 9 September 2018, ada kegiatan pameran nasional yang akan menjadi wadah untuk promosi produk UMKM.

Produk UMKM Ternate yang akan dipromosikan lebih diprioritaskan pada produk khas daerah seperti batik tradisional, minuman rempah seperti sirup pala, kerajinan bambu cina, kerajinan besi putih dan berbagai produk olahan ikan.

Menurut dia, pada peringatan Haornas tersebut akan dihadiri sebanyaknya 20 ribu lebih peserta dari 34 provinsi di Indonesia, bahkan tidak tertutup kemungkinan pula ada tamu dari negara sahabat, sehingga sangat efektif untuk mempromosikan produk UMKM Ternate dan daerah lainnya di Maluku Utara (Malut).

Paling tidak para peserta Haornas tersebut dapat membeli produk UMKM sebagai cinderamata untuk dibawa pulang, sehingga secara tidak langsung mereka ikut membantu memperkenalkan produk UMKM Ternate di daerah asal masing-masing.

Disperindag Ternate, kata Nuriyadin, telah menyiapkan pula sejumlah lokasi untuk memudahkan para peserta Haornas untuk membeli produk UMKM, di antaranya di Swalayan Taranoate yang khusus menjual produk UMKM Ternate dan daerah lainnya di Malut.

Para peserta Haornas juga bisa melihat langsung sejumlah sentra produksi UMKM di Ternate, seperti Kelurahan Tobololo yang mengolah minuman sirup pala atau di Marikurubu yang membuat kerajinan bambu cina.

Ia menambahkan, Disperindag selama ini terus melakukan pembinaan kepada pengusaha UMKM, di antaranya mengenai kualitas produk sehingga dapat dipastikan produk UMKM yang akan ditampilkan pada Haornas nanti.

Berita Lainnya
KPU bersama Bawaslu Malut Gelar Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019 TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara (MALUT) bersama Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Malut, menggelar deklarasi kampaye dam...
Pemkot Tidore Targetkan Rp4 Miliar Pendapatan Sektor Perikanan TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara, menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor perikanan pada 2019 mengalami peningkata...
KPU Malut: Ada 5 Surat Suara di Pemilu 2019 TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara (Malut) hingga saat ini terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terutama masyarakat Malu...
Pertamina Cek Penyediaan Premium di SPBU Malut TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - PT Pertamina MOR VIII berjanji mengecek penyediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium yang tidak terjual di SPBU, menyusul adanya laporan me...
Bawaslu Bentuk 82 Pengawas TPS Hadapi PSU Pilgub Malut TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Menghadapi proses Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara (Malut) sebagaimana putusan Mahkamah Konstitus...
Kanal: Maluku Utara