Loading...

Dispora Ternate Harapkan Partisipasi Masyarakat Sukseskan Haornas

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) mengharapkan partisipasi masyarakat setempat dalam menyukseskan puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada 9 September 2018.

“Partisipasi masyarakat itu di antaranya dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif serta menjaga kebersihan kota,” kata Kepala Dispora Ternate, Sukarjan Hirto di Ternate, Rabu.

Selain itu masyarakat juga diharapkan untuk menghilangkan kebiasaan menutup jalan saat menggelar hajatan, misalnya perkawinan terutama pada hari haa puncak peringatan Haornas Tingkat Nasional agar tidak menimbulkan kemacetan arus lalu lintas.

Ia mengaatakan, puncak peringatan Haornas Tingkat Nasional di Ternate akan dimeriahkan dengan tiga kegiatan nasional, yakni pawai obor Asian Para Games, parade sepeda nusantara dan pameran nasional.

Pawai obor Asian Para Games pada puncak peringatan Haornas yang start di Kedaton Kesultanan Ternate itu, merupakan awal dari pelaksanaan pawai obor Asian para Games di delapan kota di Indonesia.

Untuk kegiatan parade sepeda nusantara yang juga akan dimulai di Kedaton Kesultanan Ternate akan melewati sejumlah jalan utama di kota Ternate sepanjang 10 KM dengan peserta selain dari Maluku Utara, juga dari provinsi lain di Indonesia.

Sedangkan untuk pameran nasional yang dipusatkan di Landmark Ternate, selain akan melibatkan sejumlah Kementerian dan pemerintah rovinsi dari seluruh Indonesia juga para pengusaha UMKM, baik dari Maluku Utara maupun dari daerah lain di Indonesia.

Khusus pada puncak peringatan Haornas Tingkat Nasional 2018 yang dipusatkan di Stadion Gelora Kie Raha, kata Sukarjan, akan ditampilkan tarian kolosal soya-soya dengan melibatkan 1000 lebih pelajar SMP dan SMA sederajat di daerah ini.

Tarian soya-soya yang biasanya ditampilkan pada acara penyambutan tamu atau acara penting lainnya merupakan tarian tradisional yang diangkat dari peristiwa heroit para pejuang di Kesultanan Ternate saat membebaskan jenazah Sultan Khairun yang dibunuh Portugis di Benteng Kastela.

Ia menambahkan, puncak peringatan Haornas di Ternate akan dihadiri 20 ribu lebih peserta dari seluruh Indonesia, yang untuk akomodasinya selain menggunakan hotel dan penginapan di Ternate, juga akan memanfaatkan rumah warga sebagai home stay.

Berita Lainnya
Bawaslu Minta Gubernur Malut Tunda Kunjungan ke Daerah PSU TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Maluku Utara (Malut) meminta Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba (AGK) untuk tidak melakukan kunjungan kerja (kuker...
KPU bersama Bawaslu Malut Gelar Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019 TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara (MALUT) bersama Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Malut, menggelar deklarasi kampaye dam...
Pemkot Tidore Targetkan Rp4 Miliar Pendapatan Sektor Perikanan TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara, menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor perikanan pada 2019 mengalami peningkata...
KPU Malut: Ada 5 Surat Suara di Pemilu 2019 TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara (Malut) hingga saat ini terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terutama masyarakat Malu...
Pertamina Cek Penyediaan Premium di SPBU Malut TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - PT Pertamina MOR VIII berjanji mengecek penyediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium yang tidak terjual di SPBU, menyusul adanya laporan me...
Kanal: Maluku Utara