Loading...

Dispora Ternate Harapkan Partisipasi Masyarakat Sukseskan Haornas

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) mengharapkan partisipasi masyarakat setempat dalam menyukseskan puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada 9 September 2018.

“Partisipasi masyarakat itu di antaranya dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif serta menjaga kebersihan kota,” kata Kepala Dispora Ternate, Sukarjan Hirto di Ternate, Rabu.

Selain itu masyarakat juga diharapkan untuk menghilangkan kebiasaan menutup jalan saat menggelar hajatan, misalnya perkawinan terutama pada hari haa puncak peringatan Haornas Tingkat Nasional agar tidak menimbulkan kemacetan arus lalu lintas.

Ia mengaatakan, puncak peringatan Haornas Tingkat Nasional di Ternate akan dimeriahkan dengan tiga kegiatan nasional, yakni pawai obor Asian Para Games, parade sepeda nusantara dan pameran nasional.

Pawai obor Asian Para Games pada puncak peringatan Haornas yang start di Kedaton Kesultanan Ternate itu, merupakan awal dari pelaksanaan pawai obor Asian para Games di delapan kota di Indonesia.

Untuk kegiatan parade sepeda nusantara yang juga akan dimulai di Kedaton Kesultanan Ternate akan melewati sejumlah jalan utama di kota Ternate sepanjang 10 KM dengan peserta selain dari Maluku Utara, juga dari provinsi lain di Indonesia.

Sedangkan untuk pameran nasional yang dipusatkan di Landmark Ternate, selain akan melibatkan sejumlah Kementerian dan pemerintah rovinsi dari seluruh Indonesia juga para pengusaha UMKM, baik dari Maluku Utara maupun dari daerah lain di Indonesia.

Khusus pada puncak peringatan Haornas Tingkat Nasional 2018 yang dipusatkan di Stadion Gelora Kie Raha, kata Sukarjan, akan ditampilkan tarian kolosal soya-soya dengan melibatkan 1000 lebih pelajar SMP dan SMA sederajat di daerah ini.

Tarian soya-soya yang biasanya ditampilkan pada acara penyambutan tamu atau acara penting lainnya merupakan tarian tradisional yang diangkat dari peristiwa heroit para pejuang di Kesultanan Ternate saat membebaskan jenazah Sultan Khairun yang dibunuh Portugis di Benteng Kastela.

Ia menambahkan, puncak peringatan Haornas di Ternate akan dihadiri 20 ribu lebih peserta dari seluruh Indonesia, yang untuk akomodasinya selain menggunakan hotel dan penginapan di Ternate, juga akan memanfaatkan rumah warga sebagai home stay.

Berita Lainnya
KPU Maluku Utara jadwalkan pemasangan iklan TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara (Malut) menjadwalkan pem...
Masyarakat Obi sulit dapat BBM harga standar TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Masyarakat Pulau Obi, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara (Malut) ke...
Dinas Sosial dan Polda awasi Bansos di Maluku Utara TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Sosial menggadeng Polda Maluku Utara (Malut) untuk mengawasi penyalu...
Optimalisasi dan pemanfaatan CSR terhadap Daerah Maluku Utara TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Forum Mahasiswa Lingkar Tambang (Formalintang) bersama dengan Pemerintah P...
Diskominfo Maluku Utara Sediakan Internet Murah TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Pemprov Maluku Utara (Malut) b...
Kanal: Maluku Utara