Loading...

Distan: Kepulauan Sula Dijadikan Sentra Pengembangan Jambu Mete

SULA, TAJUKTIMUR.COM – Dinas Pertanian (Distan) Maluku Utara (Malut) mengarahkan Kabupaten Kepulauan Sula menjadi sentra pengembangan jambu mete dan kelapa, karena memiliki potensi lahan yang luas dan cocok untuk kedua tanaman itu.

“Petani di Kepulauan Sula selama ini sudah juga terbiasa mengembangkan jambu mete dan kelapa, sehingga tinggal didukung dengan kebijakan,” kata kepala Distan Malut, Idham Umasangadji di Ternate, Selasa.

Dukungan kebijakan itu di antaranya berupa pembagian bibit unggul kepada petani yang ingin mengembangkan jambu mete dan kelapa serta pendampingan kepada petani dalam menerapkan pola budidaya yang baik.

Menurut dia, pendampingan itu perlu dilakukan karena para petani umumnya masih menerapkan pola budidaya tradisional, misalnya jarak tanam terlalu dekat dan tidak melakukan pengukukan secara rutin.

Pola budidaya seperti itu mengakibatkan tingkat produktivitas tanaman yang diperoleh petani jauh dibawah standar, jambu mete misalnya yang seharusnya 1 hektare bisa menghasilkan di atas 1 ton, selama ini paling tinggi 500 KG.

kata Idham Umasangadji, walaupun Kepulauan Sula dijadikan jambu mete dan kelapa, tidak menjadi halangan bagi petani yang ingin mengembangkan tanaman perkebunan lainnya seperti, cengkih dan pala.

Distan Malut akan tetap pula memberi perhatian kepada petani, yang mengembangkan tanaman itu, baik dalam bentuk pemberian bantuan bibit maupun pendampingan agar petani bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Menyinggung anjloknya harga kopra dewasa ini, ia mengatakan itu terjadi bukan hanya di Malut, tetapi juga daerah lainnya di Indonesia sebagai dampak dari situasi ekonomi global yang belum membaik.

Oleh karena itu, para petani kelapa diimbau untuk tidak hanya menghasilkan kopra, tetapi juga produk lainnya dari kelapa, misalnya tempurungnya yang diolah menjadi arang atau memproduksi minyak asli (VCO) yang harganya pasaran cukup mahal.

Berita Lainnya
KPU Maluku Utara jadwalkan pemasangan iklan TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara (Malut) menjadwalkan pem...
Masyarakat Obi sulit dapat BBM harga standar TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Masyarakat Pulau Obi, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara (Malut) ke...
Dinas Sosial dan Polda awasi Bansos di Maluku Utara TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Sosial menggadeng Polda Maluku Utara (Malut) untuk mengawasi penyalu...
Optimalisasi dan pemanfaatan CSR terhadap Daerah Maluku Utara TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Forum Mahasiswa Lingkar Tambang (Formalintang) bersama dengan Pemerintah P...
Diskominfo Maluku Utara Sediakan Internet Murah TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Pemprov Maluku Utara (Malut) b...
Kanal: Maluku Utara