Loading...

Distan Upayakan Kecamatan Oba jadi Penghasil Bawang

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM – Dinas Pertanian (Distan) Kota Tidore Kepulauan berupaya menjadikan Kecamatan Oba sebagai sentra penghasil bawang untuk Provinsi Maluku Utara.

Kepala Distan Kota Tidore Kepulauan Imran Jasin dalam siaran persnya mengatakan, telah menyiapkan kebutuhan petani bawang melalui perwakilan KT Karisose untuk peroleh dua unit pompa air.

“Berbagai fasilitas sudah diadakan, tetapi masih ditempatkan di Pulau Tidore. Tahun 2019 kami juga kembali melakukan pengadaan untuk petani di Oba dengan kualitas yang lebih tinggi,” katanya.

Menurut Imran, tahun 2019 Kecamatan Oba dinyatakan sebagai wilayah produksi bawang, agar mempermudah petani dalam mengelola komoditas hortikultura.

Tanaman priritas di Kecamatan Oba adalah bawang, sementara tanaman lainnya bisa disisipkan dengan rica, tomat, dan jeruk.

“Ke depan kita ingin membangun `brand` dari bawang ini adalah bawang Oba, jadi bagi yang membutuhkan bawang di Tidore tentu mereka sudah tahu tempatnya di Oba, sebagaimana yang orang-orang kenal tentang tomat yang berada di Gurabunga dan ubi kayu di Kelurahan Jaya. Pemetaan wilayah untuk pengembangan tanaman horkultura ini sudah kita programkan,” katanya.

Sebelumnya, Kelompok Tani (KT) Karisose Desa Bale Kecamatan Oba melakukan panen bawang sebanyak 16 ton.

Panen bawang merah tersebut dihadiri Kepala Dinas Pertanian Kota Tikep Imran Jasin serta sejumlah perwakilan dari Dinas Pertanian Maluku Utara dan para penyuluh yang bertugas di Kecamatan Oba dan Oba Tengah.

Ketua KT Karisose, Misto Isti Subairi menjelaskan bahwa dalam pengelolaan bawang merah, petani masih terkendala dengan sarana pengangkutan berupa motor roda tiga untuk pengangkutan hasil panen maupun pupuk, multivator, pompa air dan rotari.

Untuk itu diharapkan, persoalan tersebut sudah bisa teratasi karena pemerintah daerah telah sanggup menyediakan kebutuhan tersebut.

Sedangkan, untuk penambahan bibit bawang merah serta bibit cabe kurang lebih 5 ton untuk mengisi kekosongan lahan yang saat ini digarap KT Karisose dan berharap agar permohonan ini terealisasi.

Berita Lainnya
Walikota ajak Masyarakat jaga Terumbu Karang di Jikomalamo TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman mengajak masyarakat untuk menjaga teru...
KNPI Tidore Canangkan Pemuda Pengawal Pemilu TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Mal...
MK Putuskan AGK-YA sebagai Gubernur dn Wakil Gubernur Malut Terpilih JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK-RI) akhirnya menetapkan pasanga...
Pemkab Halteng Alokasikan Anggaran Rp65 Miliar untuk Pariwisata TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Tengah, Maluku Utara (Malut) menga...
Gubernur Maluku Utara Terima Dipa dan Dana Transfer 2019 TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Gubernur Maluku Utara, Abdul Ghani Kasuba menerima Daftar Isian Pelaksanaa...
Kanal: Maluku Utara