Loading...

DKP Maluku Utara Kembali Salurkan Bantuan Kapal Nelayan

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Maluku Utara akan kembali menyalurkan bantuan kapal ikan dan perahu katinting kepada nelayan.

“Pada 2019 DKP mendapat pagu anggaran APBD sebesar Rp16 miliar yang sebagian di antaranya untuk pengadaan bantuan kapal ikan dan perahu katinting kepada nelayan,” kata Kepala DKP Ternate Ruslan Biang di Ternate, Maluku Utara, Kamis.

Bantuan kapal ikan yang akan diberikan kepada nelayan sebanyak 18 unit berkapasitas dua GT dan tiga GT, sedangkan perahu katinting sebanyak 25 unit, yang akan disebar di sejumlah kecamatan di Ternate, baik di Pulau Ternate maupun di tiga pulau terluar Pulau Moti, Pulau Hiri dan Pulau Batang Dua.

Menurut dia, penyaluran bantuan kapal ikan dan perahu katinting itu dipastikan akan tepat sasaran, karena DKP akan melakukan seleksi secara ketat terhadap nelayan yang menerima bantuan dengan turun langsung ke lapangan, sehingga bisa diketahui apakah yang bersangkutan berprofesi sebagai nelayan atau bukan.

Bantuan kapal ikan dan perahu katinting tersebut akan diprioritaskan kepada nelayan tradisional yang belum memiliki sarana penangkapan ikan dan selama ini belum pernah mendapatkan bantuan dari DKP Ternate atau pihak lainnya.

Dalam pagu anggaran Rp16 miliar untuk DKP pada 2019, menurut Ruslan Biang, juga ada alokasi anggaran untuk revitalisasi pabrik es dan gudang pendinginan di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Dufa-Dufa serta revitalisasi pabrik rumput laut di Kastela. Semua fasilitas itu merupakan milik Pemkot Ternate.

Revitalisasi tersebut akan diarahkan kepada peningkatan kapasitasnya. Gudang pendinginan PPI Dufa-Dufa misalnya, yang selama ini kapasitasnya maksimal 20 ton akan ditingkatkan minimal sampai 30 ton sehingga dapat menampung ikan hasil tangkapan nelayan lebih banyak.

Ia menambahkan, pada 2019 juga DKP mendapatkan alokasi anggaran untuk kegiatan konsevasi laut, yang di antaranya dalam bentuk rehabilitasi terumbu karang di sejumlah kawasan terumbu karang di Ternate yang mengalami kerusakan.

Salah satu lokasi terumbu karang di Ternate yang menjadi sasaran rehabilitasi adalah di perairan Taman Laut Nukila untuk mendukung pengembangannya sebagai salah satu destinasi wisata bawah laut andalan Pemkot Ternate untuk menarik wisastawan.

Berita Lainnya
Selama Ramadan, Pemkot Ternate larang tempat hiburan malam beroperasi TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut) melarang tempat hib...
Tidore siapkan pembangunan pelabuhan wisata dan perikanan TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara (Malut) membangun s...
UNBK di Ternate Siap Digelar 22 April 2019 TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Panitia pelaksana Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Ternate, Malu...
Gubernur Komitmen Dorong Ekspor Langsung dari Malut TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Gubernur Abdul Ghani Kasuba berkomitmen mendorong ekspor langsung dari Mal...
Polda Malut Musnahkan Puluhan Senpi Rakitan dan Miras TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Polda Maluku Utara (Malut) memusnahkan puluhan senjata api (senpi) rakitan...
Kanal: Maluku Utara