Loading...

Dua Jamaah Haji Asal Maluku Utara Masih di Arab Saudi

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM – Dua orang haji asal Maluku Utara (Malut) belum bisa dipulangkan dari Tanah Suci sesuai jadwal pemulangan, karena masih menjalani perawatan di Rumah Sakit King Faisal, Arab Saudi.

Wakil Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Daerah (PPIHD) Malut, Alfian Wakanubun di Ternate, Jumat, mengatakan kedua haji itu, atas nama Samad dari Kabupaten Halmahera Barat dan Taher dari Kabupaten Kepulauan Sula itu baru bisa dipulangkan kalau kondisinya sudah membaik.

Jamaah haji Malut sebanyak 1.073 orang yang terbagi dalam kelompok terbang (kloter) 7, 8 dan 9 akan tiba di Debarkasi haji Makassar pada 1-3 September 2018, sedangkan pemulangannya ke Ternate tanggal 3-4 September.

“Kita berharap kedua haji Malut tersebut kondisinya membaik sebelumnya seluruh jamaah haji Malut dipulangkan sehingga bisa ikut pula sesuai jadwal, tetapi kalau tidak memungkinkan masih akan tetap menjalani perawatan di Arab Saudi,” katanya.

Walaupun nantinya kedua anggota jamaah haji tersebut harus tertahan di Tanah Suci untuk menjalani perawatan dan seluruh petugas haji Malut sudah pulang, mereka tetap akan mendapat pengawasan dari petugas haji Indonesia yang masih berada di Arab Saudi.

Menurut dia, sejauh ini jumlah anggota jamaah haji Malut yang meninggal di Tanah Suci hanya satu orang dan itu jauh menurun jika dibandingkan dengan musim haji tahun sebelumnya yang mencapai belasan orang.

Menurunnya, jumlah jamaah haji Malut yang meninggal di Tanah Suci pada musim haji tahun ini, karena jamaah haji yang diberangkatkan diseleksi secara ketat, terutama mengenai kesehatannya.

Menyinggung pembayaran biaya Embarkasi Haji Malut yang tertunda, ia mengatakan, itu terjadi karena adanya pengalihan klausul anggaran dalam APBD untuk biaya embarkasi haji sebesar Rp3 miliar lebih dari anggaran subsidi menjadi hibah, tetapi sudah tidak ada masalah lagi dan segera diselesaikan.

Berita Lainnya
Forum Kades Kao Teluk Tolak Kedatangan Gubernur Malut TOBELO, TAJUKTIMUR.COM - Forum Kepala Desa (Kades) Kecamatan Kao Teluk, Halmahera Utara menolak kedatangan Gubernur Maluku Utara (Malut) Abdul Gani Kasuba (AGK) di wilaya...
Matangkan Pembentukan Kodim, Danrem Kunjungi Morotai MOROTAI, TAJUKTIMUR.COM - Danrem 152/Babullah Kolonel Inf Endro Satoto, melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) ke Morotai dalam rangka penandatanganan Naskah Perjanjian Hi...
Bawaslu Minta Gubernur Malut Tunda Kunjungan ke Daerah PSU TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Maluku Utara (Malut) meminta Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba (AGK) untuk tidak melakukan kunjungan kerja (kuker...
KPU bersama Bawaslu Malut Gelar Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019 TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara (MALUT) bersama Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Malut, menggelar deklarasi kampaye dam...
Pemkot Tidore Targetkan Rp4 Miliar Pendapatan Sektor Perikanan TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara, menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor perikanan pada 2019 mengalami peningkata...
Kanal: Maluku Utara