Loading...

Empat Kabupaten di Maluku Utara Capai Target Imunisasi

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM – Kabupaten/kota di Provinsi Maluku Utara yang mencapai target imunisasi Measles Rubella (MR) 95 persen ditetapkan Kementerian Kesehatan hanya empat dari 10 kabupaten dan kota, setelah batas waktu pelaksanaan imunisasi MR pada 30 Oktober 2018.

Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Maluku Utara (Malut), Muhammad Isya Taudah di Ternate, Jumat, mengatakan keempat kabupaten/kota tersebut adalah Kabupaten Halmahera Utara, Kabupaten Pulau Taliabu, Kabupaten Halmahera Timur dan Kota Tidore Kepulauan.

Sementara enam kabupaten/kota yang tidak mencapai target imunisasi MR, adalah Kota Ternate merupakan yang paling rendah pencapaian target imunisasi MR yakni hanya 52 persen dari sasaran 58 ribu anak.

Menurut dia, walaupun waktu pelaksanaan imunisasi MR yang ditetapkan Kementerian Kesehatan berakhir 30 Oktober 2018, Dinkes Malut bersama seluruh Dinkes kabupaten/kota akan berupaya menuntaskan imunisasi MR bagi seluruh anak di provinsi ini.

Jumlah anak usia 9 bulan sampai 15 tahun yang wajib imunisasi MR tercatat 383 ribu anak, sementara yang belum mendapat imunisasi MR masih tersisa 57 ribu lebih, sebagian besar berada di Kota Ternate dan Kabupaten Kepulauan Sula.

Untuk menuntaskan imunisasi MR bagi seluruh anak di Malut, kata Muhammad Isya Taudah, Dinkes akan melakukan berbagai trobosan, seperti mengintensifkan sosialisasi dengan melibatkan berbagai pihak terkait, di antaranya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) setempat.

Oleh Pihak Dikbud kabupaten/kota diharapkan mengarahkan seluruh sekolah di wilayah masing-masing untuk melakukan imunisasi MR bagi siswa di sekolah yang belum mendapat imunisasi itu.

Ia menambahkan, masih banyaknya anak di Malut belum mendapat imunisasi MR, di antaranya karena penolakan orang tua jika anaknya mendapat imunisasi MR mengusul adanya pro-kontra mengenai kehalalanannya.

Masyarakat di Malut diimbau tidak lagi mempersalahkan kehalalanan vaksin MR, karena MUI sudah mengeluarkan fatwa bahwa vaksin itu dibolehkan, selain itu imunisasi MR juga sangat penting untuk mencegah anak dari penyakit campak dan rubella.

Berita Lainnya
Muhammad Kasuba akan Wujudkan Malut Lebih Sejahtera LABUHA, TAJUKTIMUR.COM - Calon Legislatif Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dari P...
Pengamat: Masyarakat Menanti Kejutan Debat Capres tanpa Kisi-Kisi TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Calon Presiden (Capres) Joko Widodo dan Prabowo Subianto pada Minggu malam...
Wali Kota Ternate Agendakan Triathlon Jadi Event Tahunan TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Walikota Ternate Burhan Abdurahman mengagendakan event perlombaan Triathlo...
PWI Malut gelar Pertandingan Sepak Bola Antarinstansi TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Maluku Utara (Malut) memeriahkan pering...
Muhammad Kasuba: Pilih PKS, Pilih DPR RI Nomor Urut 01, Pilih Prabowo Sandi LABUHA, TAJUKTIMUR.COM - Dalam kegiatan yang bertajuk PKS Basigaro, bakupange dari hati ke hati. Cal...
Kanal: Maluku Utara