Loading...

Gubernur AGK Berharap Pilkada Serentak 2018 Berjalan Aman dan Damai

TERNATE (TAJUKTIMUR.COM) – Gubernur Maluku Utara (Malut), Abdul Gani Kasuba, berharap stabilitas keamanan dapat berjalan dengan aman dan damai di Pilkada Malut 2018 mendatang.

Mengingat Pilkada Malut memiliki catatan buruk yang berakhir pada konflik. Karena itu, dia mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menciptakan suasana damai, salah satunya menghindari fitnah dan provokasi yang bisa melahirkan konflik.

Memang Pilkada Malut memiliki sejarah yang buruk dengan melahirkan konflik sangat panjang seperti pada tiga pilkada tahun 2002, 2007 hingga 2012,” katanya, di Ternate, Minggu (31/12/2017).

Selain itu, dia mengingatkan seluruh aparatur sipil negara (ASN) untuk tetap menjaga netralitas dengan tidak mendukung secara terang-terangan terhadap kandidat gubernur/wakil gubernur tertentu.

“Kalau ada ASN yang mencoba-coba terlibat dalam politik praktis selama pelaksanaan tahapan pilkada pasti mendapatkan sanksi tegas,” ujarnya.

Ada tujuh pejabat ASN Pemkot Ternate itu telah menjalani proses pemeriksaan dan sebagian di antaranya mengakui tidak sengaja bersama-sama konvoi tersebut saat di jalan raya dalam penjemputan pasangan bakal calon gubernur/wakil gubernur Malut Burhan Abdurahman/Ishak Djamaluddin.

Ditanya mengenai rencananya maju dalam pilkada, mantan anggota DPR-RI Malut ini mengakui optimistis untuk bisa maju pada Pilkada Malut 2018, walaupun PKS dan PAN telah mencabut rekomendasi dukungan untuk dirinya maju dalam pilkada ini.

“Saya optimistis untuk bisa maju karena saya sudah melakukan lobi ke sejumlah parpol seperti PDI Perjuangan, Gerindra, PKB, dan Partai Demokrat saat ini belum menentukan calon,” katanya.

Dia menyatakan, meskipun PKS-PAN telah mengalihkan dukungan ke pasangan Muhammad Kasuba-Madjid Husen, tetapi dengan adanya sejumlah parpol yang belum menyatakan sikap mendukung pasangan tertentu, memberikan harapan untuk maju dalam pilkada.

(and/ttcom)

Berita Lainnya
Dinas Pertamian Kota Tidore Dorong Pengembangan Pala dan Cengkih TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Pertanian (Distan) Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara tetap...
Disperindag Kota Ternate Data Pedagang di Pasar Gamalama TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Ternate, Maluku Utara, akan menda...
Kerajinan Anyaman Tikar Tradisional Ternate Terancam Punah TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Kerajinan anyaman tikar tradisional di Kota Ternate, Maluku Utara terancam...
Pemprov Maluku Utara Diminta Prioritaskan Pembangunan Jalan di Tidore TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerinta Provinsi Maluku Utara diminta memprioritaskan pembangunan infras...
Distan Upayakan Kecamatan Oba jadi Penghasil Bawang TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Pertanian (Distan) Kota Tidore Kepulauan berupaya menjadikan Kecamat...
Kanal: Maluku Utara Pilkada