Loading...

Gubernur Maluku Utara Diminta Antisipasi Penurunan Harga Kopra

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM – Sejumlah elemen di Halmahera Utara meminta Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba mengeluarkan kebijakan untuk mengantisipasi penurunan harga kopra dalam sebulan terakhir.

“Anjloknya harga komoditi kopra yang saat ini mencekik petani, karena turun hingga Rp5.800 per kg,” kata Ketua Forum Komunikasi Alumni Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (Fokal IMM) Kabupaten Halmahera Utara, Mahmud Lasidji dalam rilis resminya baru-baru ini.

Menurutnya, pemerintah provinsi (pemprov) dan pemerintah kabupaten (pemkab) harus bersinergi membuatt kebijakan agar harga komoditas unggulan daerah itu bisa stabil.

“Jika tidak ada penyamaan persepsi antara pemprov dan pemkab dalam suatu regulasi untuk mengatur harga komoditi produk unggulan di masing-masing daerah, maka saya jamin, masyarakat khususnya petani tetap akan menderita dengan patokan harga dari para pengusaha,” katanya.

Dia menambahkan, Gubernur dan DPRD Provinsi harus lihai melihat persoalan ekonomi yang berimbas pada keadaan sosial masyarakat, sehingga perlu ada peraturan daerah yang mengatur harga komoditas unggulan.

Mahmud menilai selama ini perusahaan daerah yang mengelola dana penyertaan modal untuk para petani komoditas unggulan seperti kopra, pala, dan cengkih, gagal mensejahterakan masyarakat. Bahkan, ia menilai perusahaan daerah itu juga gagal dalam menganalisa “input” pendapatan asli daerah (PAD) untuk berkontribusi ke kabupaten setempat.

“Jika pemprov yang mengatur seluruhnya maka perekonomian dan kesejahteraan petani akan terjamin, sehingga para petani tidak bisa menyalahkan pemerintah kabupaten. Sebab mereka tidak punya wewenang? untuk mengambil langkah terkait harga kopra dan produk unggulan lainnya,” katanya.

Olehnya itu, pihaknya berharap Gubernur atau DPRD? provinsi secepatnya mengatur regulasi untuk pengelolaan komoditas unggulan, baik atas inisiatif DPRD Provinsi maupun perda yang diusulkan oleh pemprov.

Berita Lainnya
Pemkot Arahkan Investor ke Wilayah Ternate Selatan TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut) mengarahkan investo...
Pemkot Ternate Tuntaskan 22 Hektare Kawasan Kumuh TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut) hingga akhir 2018 t...
Polres Ternate Raih Predikat Zona WBK TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) memberik...
Walikota ajak Masyarakat jaga Terumbu Karang di Jikomalamo TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman mengajak masyarakat untuk menjaga teru...
KNPI Tidore Canangkan Pemuda Pengawal Pemilu TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Mal...
Kanal: Maluku Utara