Loading...

Hiri diprogramkan Jadi Pulau Wisata Layak Anak

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM – Pulau Hiri di Kota Ternate, Maluku Utara, yang pada Agustus 2018 dicanangkan sebagai pulau layak anak kini diprogramkan menjadi pulau wisata layak anak.

“Di Indonesia belum ada pulau wisata layak anak. Jadi, Hiri akan menjadi pulau pertama di Indonesia yang menyandang predikat itu,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Ternate, Hadjija Tukuboya di Ternate, Selasa.

Hiri yang terletak sekitar dua mil sebelah barat Pulau Ternate merupakan pulau kecil dengan penduduk sekitar 3.000 jiwa, dan 1.000 jiwa di antaranya anak-anak. Pulau itu berpotensi besar di sektor perikanan dan pariwisata.

Menurut dia, melalui program tersebut Pulau Hiri diharapkan akan menjadi tempat aman dan nyaman bagi anak-anak di daerah itu dalam menikmati wisata sekaligus memberi peluang kepada mereka berkontribusi dalam pengembangnya.

Selain itu, Pulau Hiri dengan status Pulau Wisata Layak Anak diharapkan menjadi daya tarik bagi anak-anak dipulau lain, baik di wilayah Kota Ternate maupun kabupaten/kota lainnya di Malut untuk berwisata di Pulau Hiri.

Program pulau wisata layak anak di Pulau Hiri, kata Hadjija, akan dilakasanakan di setiap kelurahan dari enam kelurahan di pulau itu sesuai dengan karakteristik dan potensi wisata di masing-masing kelurahan.

Di Kelurahan Faudu misalnya akan dijadikan lokasi kegiatan wisata olahraga, sedangkan di Kelurahan Tomajiko akan dijadikan lokasi wisata pendidikan, sementara di Kelurahan Togolobe akan dijadikan lokasi wisata budaya.

“Pemkot Ternate akan membangun berbagai infrastruktur di Pulau Hiri untuk mendukung pengembangan pulau itu menjadi pulau wisata layak anak, khususnya infrastruktur yang terkait dengan kebutuhan anak,” katanya.

Pelaksanaan Festival Pulau Hiri yang menjadi kegiatan tahunan setiap bulan Oktober, akan diupayakan untuk mengaitkannya dengan program pulau wisata layak anak di daerah itu.

Berita Lainnya
Polda Malut Kantongi Calon Tersangka Korupsi RSUD Morotai TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Maluku U...
BPOM Malut: Hati-hati Membeli Produk Kosmetik Online TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Maraknya perdagangan kosmetik secara online membuat Badan Pengawasan Obat ...
Pemprov Maluku Utara Janji Bayar TPP Enam Bulan TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Provinsi Maluku Utara berjanji membayar Tunjangan Perbaikan Pen...
Polisi Sita Minuman Keras dari KM Kieraha TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Aparat Kepolisian Polsek Pelabuhan Ahmad Yani Ternate, Maluku Utara (Malut...
TPID Ternate Jamin Ketersediaan Sembako di Maluku Utara TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Ternate, Maluku Utara (Malut), menjam...
Kanal: Maluku Utara