Loading...

Ini yang Dijanjikan MK-Maju saat Kunjungi Kepulauan Sula

SANANA (TAJUKTIMUR.COM) – Didepan ratusan pendukungnya, calon gubernur Maluku Utara, Muhammad Kasuba (MK) menyampaikan keinginannya saat melakukan kampanye di Desa Falahu Kecamatan Sanana, Kepulauan Sula, Maluku Utara, Senin (26/2).

Dalam kampanye singkatnya, MK mengungkapkan catatan-catatan sebagai calon gubernur dengan memberikan solusi untuk Provinsi Maluku Utara, khususnya di Kepulauan Sula menjadi kuat dan sejahtera.

“Saya tidak mau banyak janji, tapi saya mau realisasikan janji. Dua periode sebagai bupati halmahera selatan, saya maju sebagai calon Gubernur Maluku Utara,” katanya.

Kalau diibaratkan, lanjut Muhammad Kasuba, Maluku Utara ibarat burung atau pesawat yang memiliki dua sayap. keduanya memiliki peranan penting untuk keseimbangan.

“Ibarat burung atau pesawat dengan dua sayap. Salah satu yang kuat ada di utara, yakni morotai dan satunya di Kepulauan Sula. Jika satu lemah, dipastikan Maluku Utara tidak akan kuat dan berkembang,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, salah satu sayap Maluku Utara yang belum dapat kuat terbang ada di Kepulauan Sula. “Saya hanya ada dua program, yakni membangun sofifi sebagai pusat kota Provinsi Maluku Utara dan memperkuat sayap bagian selatan yang lemah di Kepulauan Sula agar kuat dan bisa terbang,” jelas MK.

Dalam catatannya, ia melihat Kepulauan Sula terpuruk di berbagai aspek seperti ekonomi dan sosial. Padahal, Kepulauan Sula sangat potensial dan strategis di kawasan Maluku Utara.

“Kawasan Maluku Utara yang strategis di wilayah Kepulauan Sula, kuncinya adalah dua bandara yang akan kita realisasikan yakni Bandara Sula dan Taliabu. Berani memberi layanan masyarakat, berani membantu dalam bentuk subsisdi dan fasilitas bagi masyarakat,” ungkap mantan bupati Halmahera Selatan dua periode ini.

Selama menjabat Bupati Halmahera Selatan, MK dikenal sebagai bupati subsidi. Mulai dari pendidikan gratis hingga sekolah menengah atas dan program kesehatan gratis di masyarakat.

“Semua di subsidi. Tahun 2006 Gratis pendidikan hingga SMA. Tahun 2005 gratis kesehatan hingga operasi besar. Bapak dan Ibu datang ke dokter, pulang hanya ucapkan terima kasih,” paparnya.

Selain itu, MK mengatakan di Kabupaten Bacan, Halmahera Selatan kuliah pun diberikan gratis. Hingga kini program tersebut masih berjalan di bawah pimpinan Gubernur Malut, Abdul gani Kasuba yang juga sebagai kakak kandung MK.

“Setelah AGK menjabat Gubernur Maluku Utara, tahun 2013 saya titip pesan ke ustaz Gani (AGK-red). ‘tadz… saya mau ada beasiswa di Malut Rp100 Miliar untuk perguruan tinggi. Berikan kepada 3500 mahasiswa S3, S2, dan S1 yang tersebar di Maluku Utara. Itu ide saya,” ungkapnya.

MK mengakui menjadikan kecamatan Sanana sebagai guru untuk dirinya. Maju sebagai gubernur yang diusung oleh PKS, PAN dan Partai Gerindra, ia berharap bisa lebih dekat dengan orang Sula.

“Saya tidak mau banyak janji, tapi saya mau realisasikan janji. Saya dua periode Bupati Halmahera Selatan, Saya maju sebagai Gubernur Maluku Utara. Jika Sula ini punya kandidat tertentu, maka saya tegaskan, saya lebih jelas memiliki keluarga di Sula,” tutupnya.

(as)

Berita Lainnya
BPS: 216 Desa di Malut Tercemar Limbah Pertambangan TERNATE, TAJUKTIMUR.COM , Badan Pusat Statistik (BPS) Maluku Utara (Malut) menyatakan, sebanyak 216 ...
BPS Catat Potensi 1.196 Desa di Maluku Utara TERNATE, TAJUKTIMUR.COM -Badan Pusat Statistik (BPS) Maluku Utara (Malut) mencatat hasil Potensi Des...
Pemkot Ternate mulai bangun Plaza Gamalama TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Ternate, Maluku Utara,...
Dandim 1508/Tobelo Membuka Apel Danramil Dan Babinsa Tersebar TIBELO, TAJUKTIMUR.COM - Dalam rangka meningkatkan pembinaan teritorial sebagai fungsi utama TNI-AD,...
Prajurit TNI di Maluku Utara Tanam Ribuan Pohon TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Prajurit TNI dari Korem 152/Babullah dan jajaran Kodim melaksanakan kegiat...
Kanal: Maluku Utara Pilkada