Loading...

Jelang Hari Raya Harga Kebutuhan Pokok di Ternate Stabil

TERNATE (TAJUK TIMUR.COM) – Harga kebutuhan pokok di Ternate, Maluku Utara, menjelang perayaan Idul Fitri 1438 Hijriah masih stabil.

Salah seorang pedagang di pasar Higienis Ternate Karman, Selasa, mengatakan, harga kebutuhan pokok yang stabil diantaranya beras kualitas premium bola mas tetap Rp350.000/ karung untuk ukuran 25 Kg.

Begitu pula gula pasir Rp13.000/Kg, terigu Rp8.000/Kg, mentega Rp13.000/Kg, minyak goreng curah Rp14.000/Kg dan minyak goreng kemasan Rp16.000/Kg.

Harga daging sapi tetap Rp110.000/Kg dan harga daging ayam potong Rp35.000/ekor.

Dia mengemukakan, harga kebutuhan pokok yang turun antara lain telur ayam ras ukuran besar yang semula Rp1.700/butir, kini menjadi Rp1.600/butir dan ukuran kecil Rp1.600/butir menjadi Rp1.500/butir, karena stoknya cukup banyak.

“Kami memprakirakan harga kebutuhan pokok menjelang perayaan Idul Fitri bila mengalami kenaikan tidak melonjak karena stok di pasaran cukup banyak dan instansi terkait juga intensif memantau distribusinya,” kata Karman.

Sedangkan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota ternate, Nuryadin Abdurrahman mengatakan, pihaknya intensif melakukan pengawasan terhadap stok kebutuhan pokok, baik yang ada didistributor maupun di pasaran dan sejauh ini semuanya dalam posisi aman.

Masyarakat diimbau untuk tidak melakukan pembelian kebutuhan pokok secara berlebihan karena cara seperti itu justru akan mendorong para pedagang menaikan harga walau pun stok cukup banyak.

Ia juga mengimbau kepada para distributor dan pedagang untuk tidak melakukan spekulasi, misalnya menyembunyikan stok kebutuhan pokok untuk mendorong naiknya harga.

“Disperindag bersama tim Satgas Pangan intensif melakukan pengawasan dan siap menindak tegas jika ada oknum distributor atau pedagang yang melakukan hal itu,” tandas Nuryadin.

(ant/ttcom)

Berita Lainnya
Sejumlah Elemen Kecam Penganiayaan Wartawan di Ternate TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Sejumlah elemen di Ternate, Maluku Utara, mengecam dugaan penganiayaan ter...
Pemprov Malut akan Salurkan DBH PBB Triwulan III TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Provinsi Maluku Utara melalui Badan Pengelolaan Keuangan Pendap...
KSOP Ternate Perketat Pengawasan Kapal TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Menghadapi musim penghujan yang juga akan dapat berpengaruh terhadap kondi...
Pemprov Malut Gelar Pasar Murah Jelang Natal dan Tahun Baru TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara (Malut) melalui Dinas Pangan me...
Masyarakat Batang Dua Harapkan Kehadiran Kapal Perintis TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Masyarakat Pulau Batang Dua, Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), mengharap...
Kanal: Maluku Utara