Loading...

Kapolda Malut ke Kampus Cegah Radikalisme

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM – Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol M Naufal Yahya berkunjung ke kampus IAIN di Ternate dalam upaya menangkal dan mencegah radikalisme guna menjaga situasi kamtibmas mejelang pemilihan legislatif dan pemilihan presiden tahun 2019.

“Memang pengeboman di beberapa daerah oleh teroris tidak terjadi di wilayah Malut dan kita tahu bersama daerah kita punya catatan buruk terkait dengan perpecahan di tengah masyarakat, tentu hal tersebut tidak kita harapkan terulang kembali dan kami menggandeng kalangan kampus untuk bersama-sama menjaga kamtibmas di daerah ini,” kata Kapolda di Ternate, Rabu.

Selain itu, pihaknya mengapresiasi adanya Focus Group Discussion (FGD) tentang peran dari dai kamtibmas dalam mencegah dan menangkal radikalisme, memang akhir-akhir masyarakat dikejutkan dengan isu radikalisme dan isu perpecahan.

Menurut dia, dalam era demokrasi semua dibebaskan, tapi dalam kebebasan ini ada kepentingan orang lain yang perlu dijaga, karena bebas tapi tidak?merugikan orang lain seperti yang diajarkan dalam agama Islam sebagaimana akhlak Rasulullah.

Kapolda Malut bersyukur berjumpa dengan mahasiswa yang punya kelebihan dibanding?dengan rekan sebayanya, karena mendapatkan pelajaran agama, baik masalah akidah, akhlak maupun pengetahuan tentang hukum.

“Hari ini sudah ditandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Rektor IAIN Ternate, karena itu Polda Maluku Utara akan mengirimkan dai kamtibmas untuk mendapatkan pendidikan formal di Kampus IAIN Ternate sehingga para Dai Kamtibmas mempunyai bekal dan bisa menyampaikan sesuatu kepada masyarakat yang diharapkan dapat membantu dalam menciptakan serta memelihara kamtibmas,” kata Mantan Karo RBP Srena Polri dan Wakapolda Kaltim tersebut.

Sementara itu, Rektor IAIN Ternate DR Samlan Hi Ahmad mengatakan inisiatif dan kerja sama yang terjalin menjadi kerinduan serta cita-cita IAIN Ternate sejak dulu yang ingin bekerja sama dengan Polri khusunya Polda Maluku Utara.

Kerinduan serta cita-cita tersebut kini alhamdulillah tercapai dan terealisasi dengan adanya penandatangan MoU antara Polda Malut dengan IAIN Ternate, tambah Rektor.

Berita Lainnya
Pemkot Arahkan Investor ke Wilayah Ternate Selatan TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut) mengarahkan investo...
Pemkot Ternate Tuntaskan 22 Hektare Kawasan Kumuh TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut) hingga akhir 2018 t...
Polres Ternate Raih Predikat Zona WBK TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) memberik...
Walikota ajak Masyarakat jaga Terumbu Karang di Jikomalamo TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman mengajak masyarakat untuk menjaga teru...
KNPI Tidore Canangkan Pemuda Pengawal Pemilu TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Mal...
Kanal: Maluku Utara