Loading...

Kecamatan Gane Timur Selatan Juara Umum Pada STQ Ke XXV

LABUHA, TAJUKTIMUR.COM – Pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke XXV Tahun 2019 tingkat Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) resmi berakhir, ditutup langsung oleh Bupati Halsel Hi. Bahrain Kasuba, Rabu (20/03) lalu.

Dalam sambutan Bupati Bahrain Kasuba berharap pelaksanaan STQ tahun ini hendaknya dijadikan sebagai tonggak baru kebangkitan pengamalan terhadap ajaran Alquran dan Sunnah Rasul dalam kehidupan sehari-hari bagi masyarakat muslim didaerah ini.

“STQ ini jangan hanya dijadikan sekedar seremonial belaka saja, tetapi bisa dijadikan sebagai ajang membangun persatuan dan kesatuan Masyarakat dalam mengelola keragaman sosial,”harapnya

Ia juga mengingatkan kepada para peserta yang belum berhasil menjadi pemenang pada STQ tahun ini, agar terus mengasa ketajaman serta kemampuan dalam mengikuti lomba pada event-event musabaqah yang akan datang. Sedangkan bagi para peserta yang dinyatakan sebagai pemenang, dirinya harapkan jangan berpuas diri tetapi terus lakukan langka-langka peningkatan kemampuan untuk mempersiapkan diri pada event STQ tingkat Provinsi Maluku Utara yang akan diadakan di Sofifi nanti sehingga dapat membawahkan hasil yang terbaik untuk daerah ini.

Harapan yang sama disampaikan oleh Sekertaris daerah, yang juga selaku ketua LPPTQ Kabupaten Halsel, Helmi Surya Botutihe.Ia berharap agar para Peserta yang berhasil pada STQ kali ini, dapat terus berlatih, agar nanti bisa ikut bertanding pada STQ tingkat Provinsi yang akan diselenggarakan di Sofifi nanti.

“Juara bukan tujuan utama, tetapi ini sebagai sarana menyalurkan bakat dan minat agar generasi mudah terhindar dari pergaulan bebas,” ungkap Helmi.

Hadir pula pada penutupan ini Gubernur Maluku Utara (Malut) KH. Abdul Ghani Kasuba bersama Ibu, Sekertaris Daerah Helmi Surya Botutihe bersama Ibu, Wakil ke II DPRD Halsel bersama Ibu, Unsur Forkopimda Halsel, Kepala Kementerian Agama Labuha, Pimpinan SKPD, Capat dan Kepala Desa sekabupaten Halsel, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan para Kafila STQ.

Di kesempatan yang sama, Gubernur Malut, Abdul Ghani Kasuba memberikan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Halsel yang telah menyelenggarakan suatu kegiatan yang sangat luar biasa, yaitu STQ ini.

“Ini merupakan STQ yang sangat meriah, dibadingkan pelaksanaan STQ di Kabupaten lain yang ada di Provinsi Maluku Utara,” kata Gubernur.

Paman dari Bupati Kabupaten Halsel ini juga sangat bangga karena ada dua orang peserta yang bisa menghafalkan Alquran 20 Juz. Dirinya berharap kepada Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati Halsel dapat memberikan hadia kepada kedua Hafiz ini yaitu hadia Umroh.

“Ini merupakan suatu kebanggan, dan patut diberikan hadia, jadi Bupati kalau bisa diumrohkan saja kedua Hafiz ini,” harapnya.

Untuk diketahui, Pemenang lomba STQ ke XXV tahun 2019, diantaranya pada Cabang Tilawatil Qur’an, Golongan anak-anak Putra, yang berhasil mendapatkan juara I, adalah Nasiran Kamran Kecamatan Makian Barat, juara II, Abu Bakar Muksin Kecamatan Kayoa, juara III, Deni Triatma Sujja Kecamatan Kepulauan Botang Lamang.

Untuk Putri, juara I, Sitti Hajjar Alhadad Kecamatan Kayoa Utara, juara II. Aslinda Abujar Kecamatan Bacan, juara III. Kirana Auliyah Kecamatan Bacan Timur Tengah.

Sementara, Tilawah Golongan Dewasa Putra, juara I. H.Nakir Salauwe Kecamatan Bacan Timur Tengah, juara II. Fahrun Kamis Kecamatan Kepulauan Joronga, juara III. Mubarak H. Muhammad Kecamatan Kasiruta Timur, dan untuk Putri juara I. Ilma Muchsin Amara, Kacamatan Kayoa Barat, juara II. Ritna Abbas Kecamatan Bacan Timur Selatan, juara III. Nurmala Lajau Kecamatan Bacan Timur Tengah.

Sedangkan Cabang Hifdzil Qur’an, Golongan 1 juz dan Tilawah, Putra, juara 1 Nasrullah Ibrahim Kecamatan Gane Timur Selatan, juara II. Rizal Abdul Hamid Kecamatan Gane Barat Utara, juara III. Firman Al-Maliki Kecamatan Kayoa Barat. Dan Putri, juara I. Nurima Masri Kecamatan Gane Timur Selatan, juara II. Siti Fahnia Aman Kecamatan Kayoa Barat, juara III. Mariska Ajwan Kecamatan Kepu Botang Lamang.

Untuk Cabang Golongan 5 Juz dan Tilawah, Putra, juara I. Aziz Adam Kecamatan Bacan Barat, juara II. Agung Jafar Kecamatan Gane Timur Selatan, juara III. Maulana Kecamatan Mandioli Utara. Putri Golongan 5 Juz dan Tilawah, juara I. Nurhaya Muhrim Kecanaan Kasiruta Timur. juara II.Sitti Khalila Khumairah Kecamatan Gane Barat Utara. juara III. Amelia Jafar Kecamatan Kasiruta Barat.

Sementara Cabang Hifdzil Qur’an 10 Juz, Putra,juara I. Sahroni Tandina Kecamatan Bacan Timur, juara II. M. Fikri Haikal Kec. Gane Barat Utara, juara III. Muh Isra Badaruni Kecamatan Bacan Timur Tengah. Putri, juara I. Miftah Nurul Hasanah Kec. Bacan Selatan, juara II. Dewi Fauzan Azimi Kec. Gane Barat Selatan, juara III. Fahria Puri Kecamatan Bacan Timur Selatan.

Kemudian Cabang Hifdzil Qur’an 20 juz, juara I. M Abdullah, Kecamatan Kasiruta Barat, dan harapan I. Indra Nasrun Kecamatan Bacan Timur Tengah.

Sedangkan pada STQ ke XXV tahun 2019 ini, Kecamatan Gane Timur Selatan keluar sebagai juara umum, dan mendapatkan Bonus sebesar Rp. 7.500.000.

Penutupan STQ ke XXV Tingkat Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) yang berlangsung di Desa Bibinoi, Kecamatan Bacan Timur Tengah ini tak kalah semarak saat pembukaannya beberapa hari yang lalu. Ratusan masyarakat memenuhi lapangan tempat acara berlangsung. Berbagai tampilan seperti tarian menyemarakkan malam penutupan tersebut.

Berita Lainnya
Tidore siapkan pembangunan pelabuhan wisata dan perikanan TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara (Malut) membangun s...
UNBK di Ternate Siap Digelar 22 April 2019 TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Panitia pelaksana Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Ternate, Malu...
Gubernur Komitmen Dorong Ekspor Langsung dari Malut TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Gubernur Abdul Ghani Kasuba berkomitmen mendorong ekspor langsung dari Mal...
Polda Malut Musnahkan Puluhan Senpi Rakitan dan Miras TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Polda Maluku Utara (Malut) memusnahkan puluhan senjata api (senpi) rakitan...
KPU Maluku Utara jadwalkan pemasangan iklan TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara (Malut) menjadwalkan pem...
Kanal: Maluku Utara