Loading...

Kementerian BUMN: 47 Penumpang Kapal Bandeng Selamat

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM – Kementerian BUMN menyatakan, sampai Jumat (17/8) dipastikan 47 orang yang terdiri dari penumpang dan awak Kapal Motor Penumpang (KMP) Bandeng yang tenggelam di perairan Loloda, Halmahera, Maluku Utara (Malut), berhasil dievakuasi dengan selamat.

“Sebagian besar para penumpang KMP Bandeng selamat, bahkan sudah diperiksa kesehatannya dan telah diantarkan langsung kepada keluarga masing-masing oleh pihak ASDP,” kata Staf Khusus III Menteri BUMN, Wianda Pusponegoro, Jumat.

Hal ini terkait dengan pernyataan Kementerian BUMN dan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengenai telah ditemukannya empat orang yang diduga adalah awak KMP Bandeng di Pulau Tuakara.

Wianda menyatakan, pada pagi hari sekitar pukul 10.36 wit, Manajemen ASDP mendapatkan informasi telah terjadinya kontak dengan pihak-pihak terkait dalam pencarian awak KMP Bandeng.

Namun demikian, Basarnas adalah pihak yang paling berwenang untuk melakukan pengecekan ke lokasi yang terkait dan hingga saat ini, pencarian Basarnas masih belum mengkonfirmasi keberadaan empat orang awak kapal tersebut.

Wianda mengatakan, ASDP masih berusaha maksimal untuk berkoordinasi dengan semua pihak agar proses pencarian berlangsung dengan sebaik-baiknya.

Selain itu, Kementerian BUMN akan terus memonitor upaya ASDP dan Basarnas dalam mencari para awak KMP Bandeng,

Sebelumnya, Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Basarnas Ternate, menyatakan kalau empat korban KMP Bandeng belum ditemukan, sehingga masih mengerahkan armadanya ke lokasi tenggelamnya kapal tersebut.

Kasubbag Humas Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Basarnas Ternate, Iksan M Nur ketika dihubungi secara terpisah menyatakan, belum mendapatkan informasi penemuan empat korban, sehingga saat ini seluruh armada diterjunkan ke sekitar tenggelamnya KMP Bandeng.

Kapal yang disebutkan membawa 18 ABK dan 24 penumpang serta bermuatan 8 truk sedang dan 4 truk besar itu masih menyisahkan 4 penumpang yang masih dicari, meskipun ada informasi kalau keempatnya selamat.

Berita Lainnya
Disperindag Kota Ternate Data Pedagang di Pasar Gamalama TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Ternate, Maluku Utara, akan menda...
Kerajinan Anyaman Tikar Tradisional Ternate Terancam Punah TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Kerajinan anyaman tikar tradisional di Kota Ternate, Maluku Utara terancam...
Pemprov Maluku Utara Diminta Prioritaskan Pembangunan Jalan di Tidore TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerinta Provinsi Maluku Utara diminta memprioritaskan pembangunan infras...
Distan Upayakan Kecamatan Oba jadi Penghasil Bawang TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Pertanian (Distan) Kota Tidore Kepulauan berupaya menjadikan Kecamat...
Festival Wonderful Halmehera Utara dipusatkan di Tanjung Bongo TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara ...
Kanal: Maluku Utara