Loading...

KPU Malut minta 16 Parpol Segera Masukkan Daftar Bacaleg

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM —- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara (Malut) meminta 16 partai politik (parpol) peserta pemilu segera memasukkan daftar bakal calon legeslatif (bacaleg) lebih awal.

“Seharusnya parpol memasukkan daftar bacaleg lebih awal karena ada masa perbaikan berkas bakal calon,” kata Komisioner KPU Malut, Kasman Tan di Ternate, Jumat.

Kasman Tan mengatakan, jika parpol mendaftar lebih awal, maka KPU akan mudah untuk memverifikasi berkas bakal calon dan juga memudahkan parpol untuk memperbaiki berkas yang kurang lengkap.

Ada empat berkas penting yang nantinya diverifikasi yakni Formulir B atau pencalonan, formulir B1 atau daftar calon, Formulir B2 atau keterangan perekrutan caleg secara demokratis dan Formulir B3 atau lampiran pakta integritas bacaleg dan kalau empat item ini belum memenuhi syarat, tentunya repot bagi mereka untuk memperbaiki.

Sebab, mereka mendaftar diakhir pendaftaran pada 17 Juli nanti, belum lagi syarat kuota keterwakilan 30 persen perempuan, ucapnya.

Selain itu, parpol hanya diberi kesempatan mengajukan bacaleg hanya sekali sehingga diharapkan parpol agar lebih awal memasukkan berkas bacalegnya.

Dia mencontohkan, untuk Dapil I Ternate-Halbar harus ajukan 12 bacaleg per parpol dan kalau hanya diajukan 10 maka KPU bisa menerimanya dengan catatan tidak ada tambahan dua lagi. Akan tetapi kalau mareka ingin menambah dua untuk mencukupi kuota maka KPU akan mengembalikan berkas mereka.

Selain itu, perlu agar mereka mendaftar lebih awal sehingga jika ada masalah lansung bisa diperbaiki karena jadwal verifikasi dimulai sejak 4 Juli sampai 18 Juli.

Akan tetapi, hingga kini belum ada partai politik memasukkan atau mendaftarkan bacaleg merek dan berharap segera dimasukkan.

Sementara itu, bakal calon anggota DPD RI Dapil Malut sebayak 26 sudah mendaftar dan statusnya diterima oleh KPU Malut dan satu di antaranya bernama Abdurahman Lahabato mundur karena akan maju di DPR-RI.

Berita Lainnya
Paslon AGK-YA Unggul 1.352 Suara, KPU: Tunggu Rekap di Tingkat Bawah TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Berdasarkan hasil penghitungan cepat (Quick Count) Pemungutan Suara Ulang (PSU) pilkada Maluku Utara (Malut) di tiga kecamatan, pasangan Abdul G...
Iklan Rekening Dianggap Curi Start Kampanye, Ini Komentar Erick Thohir JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin menanggapi soal adanya dugaan pelanggaran kampanye dalam pemasangan iklan berisi nomor reken...
Bawaslu: 32.000 Karyawan Freeport Terancam tidak ikut Pemilu 2019 JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Anggota Bawaslu Papua Ronald Manoach mengatakan sekitar 32 ribu karyawan PT Freeport Indonesia terancam tidak memilih dalam Pemilu 2019 karena ...
Disperindag Ternate: Swalayan Wajib Tampung Produk IKM TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Seluruh swalayan, restoran, dan hotel di Kota Ternate, Maluku Utara, akan diwajibkan untuk menampung minimal 20 persen produk industri kecil men...
Masyarakat Ternate Dukung Rekomendasi MUI tentang Larangan Joget TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Kalangan tokoh masyarakat di Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) mendukung rekomendasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ternate kepada pemerintah ko...
Kanal: Maluku Utara Pemilu