Loading...

KPU Persoalkan Dukungan PKPI untuk AGK-YA

TERNATE (TAJUKTIMUR.COM) — Pasangan Bakal Calon Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba dan Calon Wakil Gubernur Maluku Utara M Ali Yasin mendaftar ke KPUD Maluku Utara di tempat pendaftaran Hotel Grand Dafam, Ternate, Rabu (10/1).

Pasangan AGK-YA yang diusung PDIP dan PKPI ini menyerahkan berkas pendaftaran ke KPUD. Setelah memeriksa dan meneliti, Ketua KPU Provinsi Maluku Utara Syahrani Somadayo menemukan ada masalah pada berkas dukungan dari PKPI.

Syahrani menyebut PKPI telah melakukan pendaftaran untuk pasangan calon lain yang sudah diterima dan dinyatakan sah. Syahrani menjelaskan PKPI sebelumnya juga menyertakan berkas dengan tandatangan DPP dan pengurus wilayah yang sama dengan dukungan untuk calon lain.

Lebih rinci ia menjabarkan jika model B2 dan B3 juga ditandatangai oleh pengurus yang sama yang diserahkan oleh pasangan AGK-YA. “Yang berbeda memang B1 dengan yang kita terima pada pendaftaran sebelumnya,” ujar Syahrani.

Dengan temuan ini, Syahrani menskorsing proses pendaftaran selama satu jam untuk melakukan konsultasi dengan KPU Pusat. “Kami akan koordinasi dengan KPU Pusat untuk meminta kejelasan karena pendaftaran parpol yang sudah disahkan tidak bisa dicabut lagi,” papar Syahrani.

Hingga berita ini diturunkan, KPU Maluku Utara sampai melakukan dua kali skorsing karena belum ada jawaban dari KPU Pusat.

AGK-YA sendiri membawa dukungan sembilan kursi, 7 dari PDIP dan 2 dari PKPI. Sementara pada hari Senin, terjadi dualisme dukungan PKPI yang juga mendukung pasangan Burhan Abdurahman dan Ishak Djamaludin (Bur-Jadi).

Pasangan Bur-Jadi juga mengklaim dukungan 2 kursi PKPI dengan tambahan Hanura 4 kursi, NasDem 5 kursi, Demokrat 3 kursi, PKB 1 kursi, PBB 3 kursi.

(hfz/ttcom)

Berita Lainnya
KPU Maluku Utara jadwalkan pemasangan iklan TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara (Malut) menjadwalkan pem...
Masyarakat Obi sulit dapat BBM harga standar TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Masyarakat Pulau Obi, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara (Malut) ke...
Dinas Sosial dan Polda awasi Bansos di Maluku Utara TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Sosial menggadeng Polda Maluku Utara (Malut) untuk mengawasi penyalu...
Optimalisasi dan pemanfaatan CSR terhadap Daerah Maluku Utara TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Forum Mahasiswa Lingkar Tambang (Formalintang) bersama dengan Pemerintah P...
Diskominfo Maluku Utara Sediakan Internet Murah TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Pemprov Maluku Utara (Malut) b...
Kanal: Maluku Utara Pilkada