Loading...

KPU Tidore Gugurkan 35 Bacaleg di Penetapan DPS

TIDORE, TAJUKTIMUR.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara menggugurkan 35 bakal calon legislatif (bacaleg) 2019 melalui pleno penetapan Daftar Calon Sementara (DCS).

Kordinator Pokja Pencalonan DPRD, KPU Kota Tidore Kepulauan Jainul Yusup dihubungi dari Ternate, Selasa, mengatakan, 35 DCS terpaksa digugurkan atau dicoret karena Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Dari sejumlah bacaleg yang dicoret, 14 diantaranya dari Partai Berkarya. Mereka adalah tujuh calon dari Daerah Pemilihan (Dapil) Satu dan tujuh orang lainnya dari Dapil Tiga.

Kondisi yang sama juga terjadi di Partai PKPI. Sebanyak 11 bacaleg PKPI dicoret, lima orang diantaranya dari Dapil Satu, tiga bacaleg dari Dapil Dua dan tiga bacaleg lainnya juga dari Dapil Tiga.

Sedangkan, dari Partai PBB, empat orang bacaleg juga turut dicoret diantaranya tiga orang dari Dapil Satu dan dua Caleg lagi dari Dapil Tiga.

Begitu juga bacaleg dari Partai Garuda dan Partai PSI juga dua bacalegnya turut dicoret. Begitupun dari Partai PAN dan PPP, masing-masing dicoret satu orang.

Menurut Jainul, dicoretnya 35 orang bacaleg ini karena mereka tidak memasukan dokumen di masa perbaikan.

Sementara dokumen ini sangat penting berupa surat keterangan kesehatan jasmani, surat keterangan rohani dari rumah sakit, surat keterangan bebas penyalagunaan narkoba dari kantor BNN atau rumah sakit, SKCK dan ijazah tidak dilegalisir.

Selain itu sudah terdaftar sebagai pemilih, pas foto dan surat keterangan dari pengadilan.

“Makanya kami langsung coret atau gugurkan karena tidak menenuhi syarat dan bacaleg tersebut tidak lagi masuk di Daftar Calon Sementara (DCS) yang kami tetapkan pekan lalu,” kata Jainul.

Setelah pleno DCS, KPU akan mengumumkan DCS tersebut, selama 10 hari untuk meminta masukan dan tanggapan masyarakat tentang rekam jejak para bacaleg tersebut.

Berita Lainnya
Selama Ramadan, Pemkot Ternate larang tempat hiburan malam beroperasi TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut) melarang tempat hib...
Sandiaga: Kami Berkomitmen untuk tidak Mengambil Gaji se-rupiah pun JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto – Sandiaga Uno me...
Aa Gym: Prabowo-Sandi Pilihan Hati JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - KH Abdullah Gymanstiar memberikan dukungan untuk capres dan cawapres nomor...
Lembaga Penyiaran Diminta Ikuti Aturan Main di Masa Tenang Pemilu 2019 JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Memasuki hari masa tenang Pemilu 2019, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) me...
Habib Rizieq Shihab Sampaikan 10 Alasan Prabowo-Sandi Disambut Rakyat JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS) menyampaika...
Kanal: Maluku Utara Pemilu