Loading...

Lanal Ternate Siap Tenggelamkan Kapal Nelayan Filipina ke Dasar Laut

TERNATE (TAJUKTIMUR.COM) – TNI Pangkalan Angkatan Laut (AL) Ternate sore nanti akan menenggelamkan satu kapal nelayan asing asal Filiphina yang melakukan penangkapan ikan di wilayah Provinsi Maluku Utara (Malut).

Komandan TNI Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Ternate, Kolonel laut (P) Rizaldi saat dikonfirmasi Reporter RRI, Selasa (17/10) di Pelabuhan Perikanan Bastiong Ternate mengatakan, penenggelaman kapal kapal nelayan asing milik Filipina sore nanti akan dilakukan di depan taman Nukila Kota Ternate Tengah.

“Kapal ini akan kita tenggelamkan di depan perairan taman nukila, sehingga bisa menjadi taman wisata bawah laut serta menjadi rumah ikan,” ungkap Rizaldi.

Dia menambahkan, peneggelaman 1 kapal nelayan asing milik Filipina itu akan dilakukan dengan cara ramah lingkungan dan tindak menggunakan bahan peledak maupun bahan lainya yang dapat merusak laut di lokasi tersebut, sebab lokasi tersebut telah menjadi lokasi taman bawah laut yang dialakukan oleh Pemerintah Kota Ternate.

“Kapal itu telah kita lubang pada beberapa titik dan akan kita tarik dari pelabuhan perikanan dan setibanya di lokasi kapal tersebut akan kita ikat kemudian kita pompa air laut untuk masukin ke dalam kapal sehingga kapal bisa tenggelam dengan sendirinya,” akunya.

Lanjut Rizaldi, penenggelaman kapal yang dilakukan pada sore nanti juga akan disaksikan oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kota Ternate, dan rencana penenggelaman itu akan dilakukan pada pukul 16.00 atau 15.00 Wit sore nanti.

“Pada intinya kapal ini akan kita tenggelamkan pada hari ini juga, karena besok saya sudah harus berangkat ke Jakarta,” tegasnya.

Sekedar diketahui, 1 kapal nelayan asing asal Filipina yang akan ditenggelamkan sore nanti itu, merupakan 4 dari kapal yang ditangkap oleh Kapal Komando Armanda RI Kawasan Timur TNI AL KRI Karel Satsuit Tubun (356) di kawasan perairan Timur Indonesia Malut dan dua kapal masing-masing, F/B Rashell, F/B Yanreyd telah dimusanahkan dengan cara diledakkan di wilayah perairan Kota Tidore dan 1 kapal F/B Santo Nino Aqua telah dimusanahkan degan cara dibakar serta 1 kapal ini akan ditenggelamkan untuk dijadikan taman wisata bawah laut yang ada di Kota Ternate.

(dwisan/ttcom)

Berita Lainnya
Sandiaga: Kami Berkomitmen untuk tidak Mengambil Gaji se-rupiah pun JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto – Sandiaga Uno me...
Lembaga Penyiaran Diminta Ikuti Aturan Main di Masa Tenang Pemilu 2019 JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Memasuki hari masa tenang Pemilu 2019, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) me...
Habib Rizieq Shihab Sampaikan 10 Alasan Prabowo-Sandi Disambut Rakyat JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS) menyampaika...
Papua Gunakan Sistem Noken dalam Pemilu 2019 JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Sebanyak 12 kabupaten di Papua, dalam pemilu 17 April mendatang masih men...
Massa Pendukung 02 Siap #PutihkanGBK, Polisi Siapkan Rekayasa Lalulintas JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pihak kepolisian menyiapkan rekayasa lalu lintas (lalin) untuk menghindari...
Kanal: Headline Maluku Utara