Loading...

Massa Pendukung AHM-Rivai Konvoi di Ternate

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM —- Massa pendukung pasangan calon Ahmad Hidayat Mus/Rivai Umar (AHM/Rivai) menggelar konvoi atas kemenangan yang diraih pasangan itu setelah meraih suara terbanyak di Pilkada Maluku Utara, Sabtu.

Massa yang melakukan konvoi menggunakan ribuan kendaraan roda dua itu dimulai dari posko utama di kawasan Kota Baru hingga menuju ke kediaman AHM di kawasan Mononutu, Kelurahan Muhajirin.

Cagub Malut AHM ketika dihubungi mengatakan apresiasinya atas dukungan dari warga Malut dan meminta agar pendukungnya tidak euforia dan berharap semua berjalan dengan aman.

Berdasarkan hasil rekapitulasi suara formulir C1 oleh para saksi dan penghitungan suara atau real count oleh KPU disimpulkan bahwa pasangan AHM-Rivai memenangi pertarungan merebut posisi gubernur dan wakil gubernur Malut.

AHM-Rivai menang di 5 kabupaten dari 10 kabupaten/kota yang ada di Malut.

Dia mengatakan, kemenangan ini anggap sebagai kepercayaan rakyat Malut yang diamanatkan kepada tangan AHM-Rivai dari pesisir membangun Malut lima tahun ke depan.

AHM mengatakan seluruh simpul pemenangan, khususnya saksi-saksi di TPS, akan tetap militan mengawal surat suara agar tidak terjadi kecurangan. Apalagi isu merebak, ada pihak lain yang berupaya melakukan kecurangan alias.

“Kami yakin dengan kemajuan teknologi dan transparansi, potensi curang tidak bisa didiamkan. Saya minta seluruh relawan untuk turut mengawasi ketat proses penghitungan suara hasil Pilgub Malut 27 Juni 2018,” ujarnya.

Sistem informasi penghitungan suara atau real count Pilgub Maluku Utara sudah mencapai 99,49 persen per pukul 21.30 WIT, Jumat (29/6) dan pasangan nomor urut 1 Ahmad Hidayat Mus-Rivai Umar (AHM-Rivai) berada di posisi perolehan suara 31,94 persen.

Data yang sudah masuk berasal dari 2.126 TPS dari total 2.137 TPS atau 99,94 persen. Total suara yang masuk mencapai 558.851, di mana yang sah mencapai 98 persen atau 550.783 suara. Suara tidak sah 8.462. Pasangan AHM-Rivai unggul dengan perolehan suara sebanyak 176.019.

Pasangan nomor 2 Burhan Abdurahman-Ishak Jamaluddin (Bur-Jadi) 25,97 persen atau 143.151 suara, pasangan nomor 3 Abdul Gani Kasuba-Al Yasin Ali (AGK-YA) 30,38 persen atau 167.453 suara, dan pasangan nomor 4 Muhammad kasuba-Majid Husen (MK-Maju) 11,70 persen atau 64.498 suara.

Hasil real count belum bisa menjadi pegangan, meskipun suara yang masuk sudah 100 persen. Hasil akhir resmi berdasarkan rekapitulasi formulir C1 secara manual yang dilakukan KPU. Data real count dihitung berdasarkan salinan C1. KPU Provinsi Malut rencananya akan menetapkan hasil pemilihan pada 7 Juli mendatang.

Berita Lainnya
615 Jamaah Calon Haji Malut Berangkat ke Embarkasi Makassar TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Sebanyak 615 Calon Jamaah Haji (CJH) Maluku Utara (Malut) pada musim haji tahun 2018 diberangkatkan dari Bandara Sultan Babu...
Pemkab Halmahera Selatan Akan Buka Penerimaan CPNS LABUHA, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara (Malut) akan membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri S...
BKKBN minta Penyuluh Layani Masyarakat Secara Profesional TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Maluku Utara (Malut) meminta agar penyuluh dan pelayanan Kependudukan Kelu...
BNNP Maluku Utara: Anggota yang Terlibat Pasti Dihukum TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku Utara (Malut) Brigjen Pol Benny Gunawan mengatakan bagi siapa pun yan...
Aminah Sabtu, Penjahit Bendera Pertama di Maluku Utara Wafat TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Salah seorang tokoh sejarah asal Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara (Malut), Aminah Sabtu, perempuan pertama yang menjahit ...
Kanal: Maluku Utara Pilkada