Loading...

Menteri BUMN Beri Bantuan untuk Nelayan Maluku Utara

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM – Menteri BUMN Rini Soemarno menyalurkan bantuan bagi Basarnas dan para nelayan di Maluku Utara (Malut) yang sudah bekerja keras membantu proses penyelamatan para korban KMP Bandeng.

“Bantuan dimaksud berupa dana pendidikan untuk anak petugas Basarnas terutama bagi anak tertua di bawah bangku kuliah yang bertugas pada saat evakuasi dengan nilai total mencapai Rp135 juta dari Jasa Raharja, bantuan 1 unit ambulans Basarnas dari Pertamina senilai Rp200 juta, serta tabungan pendidikan anak nelayan dengan total nilai Rp150 juta dari Bank BRI,” kata Menteri di Ternate, Jumat.

Selain itu, adapula bantuan dari Telkom dan Pelindo IV yang turut memberikan bantuan sembilan unit mesin tempel perahu untuk tiga kelompok Nelayan dengan nilai total bantuan mencapai Rp450 juta, dan PT Antam yang memberikan bantuan instalasi penerangan jalan di Kampung Baja dengan nilai Rp150 juta.

Tidak ketinggalan, ASDP juga turut menyalurkan bantuan 100 life jacket untuk Polisi Air, 50 life jacket untuk Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan, serta bantuan tali kasih bagi 30 penumpang KMP Bandeng dengan nilai total bantuan sebesar Rp82,5 juta.

Sedangkan untuk kendaraan yang berada di dalam KMP Bandeng sebanyak 12 kendaraan, nantinya akan diberikan asuransi sebesar Rp4,1 miliar bagi pemilik kendaraan yang ikut tenggelam dalam musibah tersebut.

Selain itu, dirinya memberi apresiasi karena seluruh penumpang dan ABK selamat merupakan kesigapan Direktur Operasi ASDP yang intensif melakukan pelatihan bagi ABK, sehingga kru kapal feri memiliki kemampuan untuk menyelamatkan penumpang didahulukan dan terakhir meninggalkan kapal adalah nahkoda.

Rini pun mengapresiasi kehandalan ASDP Indonesia Ferry dalam mengedepankan aspek keselamatan penumpang. Bahkan, setiap bulannya manajemen operasional ASDP pun rutin menggelar latihan keselamatan.

“Selamatnya seluruh penumpang merupakan bukti bagaimana keselamatan penumpang menjadi prioritas oleh ASDP,” ujarnya.

Selain itu, Kementerian BUMN mengapresiasi jajaran ASDP dan tim Basarnas Ternate, para nelayan setempat turut membantu menyelamatkan seluruh penumpang KMP Bandeng yang tenggelam tersebut.

Turut hadir mendampingi Rini, Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan Kementerian BUMN Gatot Trihargo, Staf Khusus III Wianda Pusponegoro, Staf Khusus V Parman Nataatmadja, serta sejumlah Direksi perusahaan ASDP Indonesia Ferry, Telkom, Jasa Raharja, Pelindo IV, Pertamina dan BRI.

Berita Lainnya
Selama Ramadan, Pemkot Ternate larang tempat hiburan malam beroperasi TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut) melarang tempat hib...
Tidore siapkan pembangunan pelabuhan wisata dan perikanan TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara (Malut) membangun s...
UNBK di Ternate Siap Digelar 22 April 2019 TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Panitia pelaksana Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Ternate, Malu...
Gubernur Komitmen Dorong Ekspor Langsung dari Malut TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Gubernur Abdul Ghani Kasuba berkomitmen mendorong ekspor langsung dari Mal...
Polda Malut Musnahkan Puluhan Senpi Rakitan dan Miras TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Polda Maluku Utara (Malut) memusnahkan puluhan senjata api (senpi) rakitan...
Kanal: Maluku Utara