Loading...

Orangtua Siswa di Ternate Menolak Imunisasi MR

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM – Sejumlah orang tua siswa di Ternate, Maluku Utara (Malut) menolak anaknya untuk mengikuti imunisasi measles dan rubella (MR), meskipun Pemkot Ternate intensif menyosialisasikan program pemerintah tersebut.

“Memang, ada beberapa sekolah di Ternate mendapat penolakan dari orang tua murid SD, sebab, imunisasi MR tidak meyakinkan masyarakat halal atau tidak vaksinnya ,” kata Kepala Dinas Kesehatan kota Ternate, dr Fathiyah Summa.

Dia mengatakan, sesuai surat edaran dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI untuk Bupati dan Wali Kota bahwa kegiatan sosialisasi dan persuasif untuk pelaksanaan faksin MR tetap dilaksanakan.

“Kalau untuk masyarakat menolak secara syarii, maka ditunda karena waktu pelaksanaan sosialisasi sampai dua bulan sambil menunggu fatwa MUI tetapi sosialisasi tetap dilaksanakan,” katanya.

Sedangkan untuk orang tua yang menolak anaknya mendapatkan suntik vaksin, berarti pihak puskesmas tidak melayani, karena, pihaknya melakukan kegiatan tersebut harus mendapat izin juga dari orang tua murid.

Menurutnya, manfaat dari vaksin MR ini sangat besar sekali yaitu mencegah terjadinya penyakit campak dan komplikasi yang bisa berakibat cacat dan kematian.

“Kalau pencapaian untuk pemerintah kota Ternate baru masuk pada fase pertama ini kita melaksanakan di sekolah, sedangkan terkait dengan waktu pelaksanaan selama dua bulan mulai 1 Agustus hingga 30 September 2018,” ujarnya.

Dia mengatakan, penilaian vaksin ini karena Gubernur juga menolak hal tersebut, sehingga para orang tua murid pun masih merasa keberatan dengan anaknya melakukan vaksin.

Namun, kata Fathiya, pihaknya tetap konsisten dengan program tersebut biarpun Gubernut Malut tidak sepakat, sebab, target yang harus dilakukan kurang lebih 68.100 anak di kota Ternate yang harus mendapatkan imunisasi.

“Perkembangan marak terjadi pro dan kontra ini mungkin sedikit menghambat program pelaksanaan di lapangan, tetapi kita tetap sosialisasi,” katanya.

Berita Lainnya
Disperindag Kota Ternate Data Pedagang di Pasar Gamalama TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Ternate, Maluku Utara, akan menda...
Kerajinan Anyaman Tikar Tradisional Ternate Terancam Punah TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Kerajinan anyaman tikar tradisional di Kota Ternate, Maluku Utara terancam...
Pemprov Maluku Utara Diminta Prioritaskan Pembangunan Jalan di Tidore TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerinta Provinsi Maluku Utara diminta memprioritaskan pembangunan infras...
Distan Upayakan Kecamatan Oba jadi Penghasil Bawang TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Pertanian (Distan) Kota Tidore Kepulauan berupaya menjadikan Kecamat...
Festival Wonderful Halmehera Utara dipusatkan di Tanjung Bongo TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara ...
Kanal: Maluku Utara