Loading...

Panwas Taliabu Dalami Dugaan Politik Uang AGK-YA

TERNATE (TAJUKTIMUR.COM) — Panwaslu Kabupaten Pulau Taliabu menyikapi dugaan praktik politik uang oleh tim sukses pasangan gubernur/wakil gubernur Maluku Utara (Malut), Abdul Gani Kasuba-Al Yasin Ali saat kampanye di daerah itu.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pulau Taliabu, Adidas Ltea dihubungi dari Ternate, Selasa, menyatakan, dugaan politik uang yang dilakukan paslon AGK-Ya di Pulau Taliabu telah didalami dan kalau ada unsur pelanggaran akan direkomendasikan kepada pihak Gakkumdu untuk ditindaklanjuti Panwaslu bersama Gakkumdu Kabupaten Pulau Taliabu juga telah melakukan pertemuan di Sekretariat Pojok Pengawasan Pemlihan Umum.

Pertemuan itu membahas masalah dugaan pelanggaran pemilu oleh paslon nomor urut tiga tersebut di Desa Kawalo, Kecamatan Taliabu Barat.

“Kita akan kerja profesional atas indikasi politik uang, sebagaimana yang diduga dilakukan oleh pasangan calon AGK-YA. Temuan panwaslu di lapangan akan diperiksa dengan meminta keterangan dari Muhamin Syarif, salah satu anggota Tim Kampanye AGK-YA,” ujarnya.

Dia mengatakan, sesuai regulasi, Panwaslu Taliabu akan menyikapi hal ini dengan serius, jika terindikasi pidana, maka Panwas akan merekomendasikan masalah ini ke Gakumdu untuk proses penyidikan.

Disinggung soal bukti video yang merupakan bukti otentik atas pelanggaran politik uang, saat ini pihak Panwas sementara mempelajarinya, dengan koneksitivitas kasus di lapangan.

Pihak yang menerima maupun yang memberikan akan dipanggil untuk dilakukan pemeriksaan dengan maksud untuk melakukan pembuktian.

“Jujur ini sangat disayangkan, dengan cara kampanye seperti itu, maka harus diingat regulasi cukup jelas, terutama undang-undang nomor 10 tahun 2016, maka soal politik uang akan sangat tegas sekali untuk disikapi,” katanya.

(hfd/ttcom)

Berita Lainnya
Kerajinan Anyaman Tikar Tradisional Ternate Terancam Punah TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Kerajinan anyaman tikar tradisional di Kota Ternate, Maluku Utara terancam...
Pemprov Maluku Utara Diminta Prioritaskan Pembangunan Jalan di Tidore TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerinta Provinsi Maluku Utara diminta memprioritaskan pembangunan infras...
Distan Upayakan Kecamatan Oba jadi Penghasil Bawang TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Pertanian (Distan) Kota Tidore Kepulauan berupaya menjadikan Kecamat...
Festival Wonderful Halmehera Utara dipusatkan di Tanjung Bongo TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara ...
KPU Maluku Utara Tetapkan DPTHP II sebanyak 806.685 Pemilih TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Maluku Utara menggelar rapat pleno penetapa...
Kanal: Maluku Utara Pilkada