Loading...

Pascagempa, PLN Terapkan Pemadaman Listrik Bergilir

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM – PT PLN ULP Bacan, Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara (Malut) menerapkan pemadaman listrik secara bergilir pasca-gempa bumi yang menimpa kabupaten itu, menyusul adanya kerusahan satu mesin milik PLN.

“Gempa yang terjadi pada siang hari itu sistem kami masih stabil, namun di saat Gempa susulan dengan kekuatan 5.2 SR yang terjadi pada pukul 18.00 WIT, mengakibatkan salah satu Stavol di Desa Hidayat hangus, sehingga kami harus memadamkan sebagian aliran listik,” kata Kepala PT PLN Persero ULP Bacan, Wardani melalui siaran persnya.

Gempa berkekuatan 5.2 SR yang menguncang Kabupaten Halsel pada 5 Januari 2019 lalu mengakibatkan salah satu Stavol milik PLN di Desa Hidayat hangus, sehingga terjadi pemadaman di beberapa desa dan padamnya listrik juga menjadi salah satu sebab kepanikan masyarakat.

Menurut dia, saat ini Stavol di Desa Hidayat sudah diperbaiki oleh pihak PLN pada hari minggu lalu dan sudah kembali normal sehingga tidak ada lagi pemadaman.

Sebab, sebelum terjadi gempa bumi di wilayah Kabupaten Halsel, Kepala PLN juga mengatakan bahwa mesin PLN sudah mengalami gangguan yang diakibatkan oleh cuaca buruk yang terjadi dibagian Kecamatan Bacan Timur Tengah, Kabupaten Halsel, sehingga ada 10 tiang Listrik di Desa Tabangame yang roboh.

“Karena angin kencang, mengakibatkan pohon kelapa menghantam Tiang Listrik dan Kabel? yang mengakibatkan sistem kami mengalami ganguan dan terputus, selain Tabangame, di Desa Silang juga mengalami hal yang sama,” katanya.

Sehingga, dari kejadian tersebut, ada arus gangguannya cukup tinggi sehingga menghantam salah satu unit mesin PLN, akhirnya salah satu unit mesin mengalami gangguan, yang tadinya kemampuan daya awal sebesar 5.200 KW, turun menjadi 4.700 KW, karena adanya kerusakan ini, sehingga harus keluar 500 KW.

Sedangkan beban puncak sebesar 4.900 KW, jadi mau tidak mau harus padam 200 KW, yang mengakibatkan terjadinya pemadaman bergilir di beberapa desa.

Ia menyatakan pemadaman tidak lama durasinya sekitar 3 sampai 4 jam saja tergantung kondisi, kami akan tetap meminimalisir sampai bisa kembali normal.

Dirinya mengakui saat ini pihaknya sedang menunggu salah satu alat mesin Sparepart yang dipesan dari Surabaya datang besok paling cepat, sehingga dapat diperbaiki.

Wardani berharap kepada masyarakat agar sama-sama bisa menjaga ketenagakerjaan listrik yang ada ini, caranya dengan adanya saling pengertian.

“Kami berharap jika ada tanaman yang menghalangi jaringan listrik, setidaknya dapat diikhlaskan untuk dipangkas, karena itu salah satu kendala yang mengakibatkan gangguan pada sistemnya kami,” kata Wardani.

Untuk itu, pihak PLN akan berusaha memparbaiki alat kerusakan mesin untuk beberapa hari kedepan, sampai Listrik kembali normal, olehnya itu dilakukan pemadaman listrik secara bergilir.

Adapun jadwal pemadaman Listrik bergilir yang akan dilakukukan PT PLN Persero ULP Bacan, mulai pada tanggal 8 Januari 2019, pada pukul 18.00 s/d 22.00 wit terjadi di Desa Tawa, Songa, Tabajaya, Wayaua, Tabangame, Bibinoi, Tabapoma, Tutupa.

Dan pada tanggal 9 Januari, di Desa Amasing Goro, Awanggo, Indomut, Belang-Belang, Sumae, Kaputusang. Sedangkan ditanggal 10 Januari, di Desa Pasar Baru. Tanggal 11 Januari, Perusahan Ikan Panamboang. Tanggal 12 Januari, Jalan AYW. Kemudian pada tanggal 13 Januari, di Kampung Makian.

Berita Lainnya
UNBK di Ternate Siap Digelar 22 April 2019 TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Panitia pelaksana Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Ternate, Malu...
Gubernur Komitmen Dorong Ekspor Langsung dari Malut TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Gubernur Abdul Ghani Kasuba berkomitmen mendorong ekspor langsung dari Mal...
Polda Malut Musnahkan Puluhan Senpi Rakitan dan Miras TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Polda Maluku Utara (Malut) memusnahkan puluhan senjata api (senpi) rakitan...
Kecamatan Gane Timur Selatan Juara Umum Pada STQ Ke XXV LABUHA, TAJUKTIMUR.COM - Pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) ke XXV Tahun 2019 tingkat Kabupa...
KPU Maluku Utara jadwalkan pemasangan iklan TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara (Malut) menjadwalkan pem...
Kanal: Maluku Utara