Loading...

PDIP Terancam Tak Ikut Pilkada Malut, Pasangan AGK-YA Was-was

TERNATE (TAJUKTIMUR.COM) – Gubernur Petahana, Abdul Gani Kasuba masih dihantui rasa was-was. Bakal calon gubernur di Pilkada Maluku Utara itu belum dipastikan lolos dalam hasil verifikasi faktual yang dilakukan KPU.

Kondisi ini menyusul adanya rekomendasi ganda PKPI selaku partai pengusung dari kepengurusan yang sama didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Sementara, Mantan Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin mengatakan, Surat Keputusan atau SK dukungan PKPI kepada dua pasangan bakal calon ini sebagaimana diatur dalam Pasal 6 PKPU Nomor 3 Tahun 2017 tentang pencalonan, bahwa partai politik yang mendaftarkan bakal calon tidak boleh menarik dukungan. Karena di pendaftar pertama, KPU telah mengeluarkan surat terima pendaftaran bakal calon kepada pasangan Burhan Abdurahman-Ishak Djamaludin secara resmi sesuai UU.

Menurut politikus Demokrat itu, penerimaan pendaftaran pasangan bakal calon Burhan Abdurahman-Ishak Djamaludin sudah sesuai prosedur. Amir mengatakan, Maluku Utara merupakan bagian dari wilayah integral NKRI, sehingga hukum juga harus berlaku secara nasional, karena tidak mungkin ada UU di provinsi berjuluk Negeri Kepulauan Rempah itu berbeda dengan daerah lain.

“Jadi jangan ditafsirkan berbeda,” ungkap Politisi Partai Demokrat di Grand Dafam Hotel, Ternate, Minggu (28/1/2018).

BACA JUGA: Mantan Menkumham Angkat Bicara Soal SK Dukungan PKPI

Diketahui, untuk mememuhi persyaratan pasangan bakal calon di Pilkada Malut, setiap pasangan harus mengantongi minimal 9 kursi atau 15 persen di DPRD Provinsi Maluku Utara.

Sementara, pasangan Abdul Gani Kasuba-M Al Yasin Ali yang diusung PDI Perjuangan mengantongi 7 kursi. Dua kursi sisanya dari PKPI yang diharapkan oleh pasangan ini masih bermasalah dengan munculnya dua SK ganda.

Pelaksanaan Pilkada Maluku Utara tahun ini diikuti empat pasangan calon yang sudah resmi mendaftar di KPU setempat. Pendaftar pertama dari pasangan Burhan Abdurahman (BUR) – Ishak Djamaludin (JADI) dengan Partai Nasdem, Demokrat, PKB, PBB, PKPI dan Hanura, pasangan Muhammad Kasuba (MK)-Madjid Husen (MAJU) diusung Partai Gerindra, PKS dan PAN, pasangan Ahmad Hidayat Mus (MUS) – Rivai Umar (RIVAI) diusung Partai Golkar dan PPP, dan pasangan Abdul Gani Kasuba(AGK) – M Al Yasin Ali (YA) diusung oleh PDIP dan PKPI.

Ketua KPU Provinsi Maluku Utara Syahrani Somadayo menyatakan, keempat kandidat Pilgub ini telah resmi mendaftar sebagai pasangan bakal calon.

Syahrani mengatakan saat pendaftaran pasangan calon bakal gubernur dan wakil gubernur Burhan Abdurahman-Ishak Djamaludin pada Senin 8 Januari oleh PKPI telah disahkan sebagai salah satu partai pengusung pasangan tersebut.

Dia mengemukakan, PKPI yang didaftarkan tersebut sudah sah karena ditandatangani oleh DPP PKPI dan pengurus daerahnya.

“Namun saat pendaftaran terakhir pada Rabu (10/1/2018), Ketua DPD PKPI Malut juga ikut mendaftarkan pasangan bakal calon yang berbeda, yakni Abdul Gani Kasuba-M Al Yasin Ali.

Syahrani menegaskan terkait dua SK ganda yang didaftarkan itu pihaknya akan melakukan verifikasi faktual di Jakarta.

“Nanti kita lihat apakah masih bisa diterima atau tidak,” ungkapnya.

Berdasarkan SK PKPI yang dicabut kembali itu tertanggal 5 Januari 2018. Diketahui, SK ditandangani oleh Ketua Umum DPN PKP Indonesia AM Hendropriyono untuk diberikan kepada pasangan bakal calon Abdul Gani Kasuba-M Al Yasin Ali.

(as)

Berita Lainnya
Pemkot Ternate Tuntaskan 22 Hektare Kawasan Kumuh TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut) hingga akhir 2018 t...
Polres Ternate Raih Predikat Zona WBK TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) memberik...
Walikota ajak Masyarakat jaga Terumbu Karang di Jikomalamo TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman mengajak masyarakat untuk menjaga teru...
KNPI Tidore Canangkan Pemuda Pengawal Pemilu TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Mal...
MK Putuskan AGK-YA sebagai Gubernur dn Wakil Gubernur Malut Terpilih JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK-RI) akhirnya menetapkan pasanga...
Kanal: Maluku Utara Pilkada