Loading...

Pelayaran Ternate-Jailolo Kembali Dibuka

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM – Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ternate, Maluku Utara akhirnya membuka aktivitas pelayaran speedboat rute Ternate-Jailolo setelah cuaca buruk yang terjadi dalam tiga hari terakhir berangsur normal.

Kepala Pos Pelabuhan Dufa-Dufa KSOP Ternate, Apriyanto Supardi, di Ternate, Minggu, mengatakan aktivitas pelayaran di pelabuhan Dufa-Dufa untuk hari ini (30/12) kembali dibuka, karena kondisi cuaca mulai membaik.

Dia mengatakan aktivitas pelayaran Ternate-Jailolo saat ini mulai normal dan speedboat telah beroperasi, tetapi petugas melakukan pengawasan secara intensif untuk mengantisipasi adanya speedboat yang membawa penumpang melebihi kapasitas.

Selain itu, pihaknya juga telah menyiagakan personelnya di pelabuhan untuk memeriksa setiap speedboat yang akan ke Jailolo, terutama ketersediaan alat keselamatan berupa life jaket.

Sebelumnya, pada dua hari terakhir, seluruh aktivitas pelayaran speedboat jurusan Ternate-Jailolo ditutup menyusul cuaca buruk yang terjadi di perairan Ternate dan sekitarnya.

Seluruh aktivitas pelayaran speedboat telah ditutup sejak Jumat (28/12) hingga hari ini, karena sesuai laporan dari BMKG ketinggian ombak di perairan Halmahera Barat mencapai di atas 2 meter, sehingga demi keselamatan penumpang, speedboat maupun kapal dihentikan pelayarannya hingga cuaca betul-betul baik.

Dia mengakui untuk kapal berukuran besar memang tetap beroperasi terutama kapal dengan GT di atas 300, sementara untuk kapal yang di bawah GT 300 maka keberangkatan akan ditunda untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan bersama.

“Memang pada tanggal 28 hingga 29 Desember rute Ternate-Jailolo hanya bisa dilayani oleh kapal saja, kalau speedboat tidak bisa melakukan aktivitas,” ujarnya.

Berita Lainnya
Pemprov diminta Realisasikan Pembangunan Jembatan Temadore TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara (Malut) diminta merealisasikan ...
Gubernur Malut Instruksikan Seluruh SKPD Fokus Kerja TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba menginstruksikan ke seluruh Satuan...
BPS: Angka kemiskinan di Maluku Utara meningkat TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) Maluku Utara (Malut) mencatat angka kemiskinan...
Empat Bulan Jasa Medis di RSUD Belum Terbayar TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Tenaga medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Halmahera Utara M...
60 Ribu Warga Halut belum Rekaman e-KTP TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Maluku ...
Kanal: Maluku Utara