Loading...

Pemkab Halmahera Tengah Diminta Tidak Alih Fungsikan Hutan Bakau

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Tengah, Maluku Utara (Malut) diminta tidak mengalihfungsikan hutan bakau di berbagai wilayah di daerah itu, karena hutan bakau memiliki fungsi ekologis yang sangat penting.

“Fungsi ekologi hutan bakau di antaranya sebagai tempat berkembangbiaknya ikan, udang, kepiting serta menjadi rumah bagi burung laut,” kata pemerhati lingkungan di Malut, Djafar di Ternate, Minggu.

Selain itu, hutan bakau juga dapat mencegah abrasi, menahan gelombang pasang, dapat menghalangi sedimentasi laut dan mengatasi polusi udara yang disebabkan asap kendaraan atau pabrik.

Menurut dia, hutan bakau juga dapat menjadi sarana pengembangan ilmu pengetahuan, bahan baku obat-obatan herbal serta dapat menjadi objek wisata, seperti banyak dikembangkan diberbagai daerah di Indonesia.

Oleh karena itu, Pemkab Halmahera Tengah harus melestarikan keberadaan hutan bakau di wilayahnya, bahkan sebaiknya mengeluarkan regulasi, misalnya dengan peraturan daerah untuk melindungi keberadaan hutan bakau di daerah itu dari kegiatan perambahan atau pengalihfungsiannya.

Djafar mengimbau kepada Pemkab Halmahera Tengah melakukan rehabilitasi terhadap kawasan hutan bakau yang sudah di daerah itu, terutama untuk kawasan bakau yang memiliki potensi menjadi objek wisata.

Pemkab juga terus memberikan sosialisasi kepada masyarsakat mengenai pentingnya menjaga kelestarian hutan bakau, karena masyarakat melakukan pengrusakan hutan bakau karena mereka belum menyadari sepenuhnya manfaatnya bagi kehidupan manusia maupun lingkungan.

Sebelumnya Bupati Halmahera Tengah Edi Langkara mengatakan pemkab akan menjadi hutan bakau disejumlah wilayah strategis di daerah itu, di antaranya di sekitar Kota Weda menjadi hutan kota.

Berita Lainnya
Dishub Ternate Tertibkan Parkir Liar TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ternate, Maluku Utara akan menertibkan par...
Pembangunan Jembatan ‘Temadore’ akan Terwujud TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara (Malut) menyatakan, rencana pem...
Pemkab Halmahera Selatan Gelar Program Inovasi Desa LABUHA, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pemkab Halmahera Selatan (Halsel)...
Danrem 152/Babullah: Netralitas TNI Harga Mati TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Komandan Korem (Danrem) 152/Babullah, Kolonel Inf Endro Satoto menegaskan ...
KPU Malut Tetapkan AGK-YA Pemenang Pilkada 2018 TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku Utara (Malut) menetapkan pasangan calon...
Kanal: Maluku Utara