Loading...

Pemkot Ternate Akan Benahi Destinasi Wisata Pulau Hir

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM – Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara, segera membenahi jalan lingkar Pulau Hiri untuk menjadikan salah satu destinasi wisata baru di daerah ini.

“Pembenahan ini tentunya mendukung kelancaran mobilitas masyarakat di pulau itu, khususnya yang menggunakan kendaraan bermotor hingga ke objek wisata Pantai Vaudu,” kata Wakil Wali Kota Ternate, Abdullah Taher di Ternate, Sabtu.

Dia mengatakan Pemkot Ternate pada tahun ini telah mengalokasikan anggaran untuk pembenahan jalan lingkar di Pulau Hiri tersebut, namun jumlah anggarannya tidak disebutkan secara rinci.

Pembenahan jalan lingkar sepanjang sembilan kilometer tersebut dilakukan secara bertahap, karena ABPD Kota Ternate sangat terbatas dan kegiatan serupah akan dilakukan di jalan Pulau Batang Dua dan jalan lingkar Pulau Moti.

Selain jalan lingkar, infrastruktur yang juga akan dibenahi adalah air bersih yang belum dinikmati masyarakat setempat secara memadai.

Pemkot Ternate telah menginstruksikan PDAM untuk mencari lokasi pengeboran air bawa tanah untuk dijadikan sumber air bersih, walaupun hal itu tidak mudah karena Pulau Hiri adalah pulau kecil yang sebagian besar wilayahnya terdiri atas bukit dan gunung.

Menyinggung soal keluhan masyarakat Pulau Hiri terkait sulitnya akses jaringan telekomunikasi seluler di sejumlah wilayah di Pulau itu, ia menyatakan Pemkot Ternate akan berkordinasi dengan pihak Telkomsel, karena masalah itu menjadi kewenangan Telkomsel.

Sebelumnya, Camat Pulau Hiri, Rustam mengharapkan kepada Pemkot agar pembenahan jalan lingkar Pulau itu untuk diprioritaskan pada ruas jalan yang menghubungkan objek wisata Pantai Faudu.

Objek wisata tersebut dinilai sangat potensial untuk menarik kunjungan wisatawan, tetapi karena terkendala dengan akses jalan lingkar menuju objek wisata itu yang kondisinya sangat rusak, bahkan saat musim hujan kendaraan nyaris tidak bisa melewatinya.

Berita Lainnya
Maluku Utara masuk zona rawan konflik Pemilu TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Polda Maluku Utara (Malut) menyatakan provinsi ini masuk dalam zona rawan ...
Kepulauan Sula fokus budi daya ikan dan rumput laut TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kepuluan Sula, Maluku Utara, ...
Muhammad Kasuba akan Wujudkan Malut Lebih Sejahtera LABUHA, TAJUKTIMUR.COM - Calon Legislatif Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dari P...
Pengamat: Masyarakat Menanti Kejutan Debat Capres tanpa Kisi-Kisi TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Calon Presiden (Capres) Joko Widodo dan Prabowo Subianto pada Minggu malam...
Wali Kota Ternate Agendakan Triathlon Jadi Event Tahunan TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Walikota Ternate Burhan Abdurahman mengagendakan event perlombaan Triathlo...
Kanal: Maluku Utara