Loading...

Pemkot Ternate Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara pada 2019 akan memprioritaskan pembangunan infrastruktur, terutama yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat.
Walikota Ternate, Burhan Abdurahman di Ternate, Jumat, mengatakan pembangunan infrastruktur yang mendapat prioritas di antaranya jalan dan jembatan, seperti jalan lingkar Pulau Moti dan jalan lingkar Pulau Hiri.

Selain itu, infrastruktur pasar, baik yang ada di Pulau Ternate maupun pulau lainnya di Kota Ternate sebagai bagian dari upaya mendukung pengembangan Ternate sebagai pusat perdagangan dan jasa di provinsi Malut.

“Anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan infrastruktur pada 2019 itu cukup besar, oleh karena itu Pemkot akan mengupayakan dukungan dari pemerintah provinsi dan pemerintah pusat, karena kemampuan APBD Ternate sangat terbatas yakni hanya berada di angka sekitar Rp1 Triliun,” katanya.

Pemkot Ternate juga akan mendorong partisipasi dari kalangan pengusaha, terutama untuk pembangunan infrastruktur yang terkait dengan jasa dan perdagangan, seperti dalam pembangunan pusat perbelanjaan dan fasilitas publik lainnya.

Ia mengatakan, khusus untuk pemanfaatan potensi sumber daya alam di Ternate, seperti potensi perikanan dan kelautan, Pemkot Ternate terus berupaya mendorong masuknya investor baik dari dalam maupun luar negeri.

Pemkot Ternate telah menjanjikan berbagai kemudahan kepada investor yang akan memanfaatkan potensi perikanan tersebut, terutama yang sekaligus membangun industri pengolahannya, di antaranya berupa kemudahan perizinan dan dalam mendapatkan lokasi usaha.

“Untuk dukungan infrastruktur listrik bagi pengembangan usaha di Ternate tidak ada masalah lagi, karena kapasitas listrik milik PLN di daerah ini sudah cukup memadai yakni mencapai sekitar 60 MW dengan beban puncak 30 MW lebih,” jelas Burhanuddin. Demikian Antara.

Berita Lainnya
Maluku Utara masuk zona rawan konflik Pemilu TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Polda Maluku Utara (Malut) menyatakan provinsi ini masuk dalam zona rawan ...
Kepulauan Sula fokus budi daya ikan dan rumput laut TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kepuluan Sula, Maluku Utara, ...
Muhammad Kasuba akan Wujudkan Malut Lebih Sejahtera LABUHA, TAJUKTIMUR.COM - Calon Legislatif Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dari P...
Pengamat: Masyarakat Menanti Kejutan Debat Capres tanpa Kisi-Kisi TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Calon Presiden (Capres) Joko Widodo dan Prabowo Subianto pada Minggu malam...
Wali Kota Ternate Agendakan Triathlon Jadi Event Tahunan TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Walikota Ternate Burhan Abdurahman mengagendakan event perlombaan Triathlo...
Kanal: Maluku Utara